Find Us On Social Media :

Penting! Mulai dari Jeruk Lemon Hingga Pepaya, Inilah 7 Makanan Pencegah Wasir

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 1 Juni 2017 | 15:40 WIB

Jahe Menyembuhkan Mabuk Saat Berkendara

Intisari-Online.com – Lebih dari 75% orang Amerika kadang mengalami masalah wasir (hemoroid) dalam hidup mereka (Data Mayo Clinic). Gatal-gatal, rasa terbakar dan sakit di sekitar anus merupakan pertanda adanya wasir. Anda bisa juga melihat adanya sedikit darah merah segar pada tisu toilet atau di kloset Anda.

Wasir terjadi bila vena di dubur membesar. Wasir umumnya terbentuk setelah beberapa kali mengejan untuk mengeluarkan tinja yang keras.

Wasir dapat tumbuh di dalam saluran anus atau menonjol ke luar pada bibir anus. Mengangkat benda berat, kegemukan, kehamilan, melahirkan, stres, dan diare, dapat pula meningkatkan tekanan pada vena-vena ini dan menyebabkan wasir. Keadaan ini tampak diturunkan di dalam keluarga.

(Baca juga: Untuk Para Perempuan Pekerja Kantoran, Begini Menghilangkan Nyeri karena Memakai Sepatu Hak Tinggi)

Beberapa tips berikut ini dapat mengobati wasir secara alami.

Jus lobak.

Jus lobak adalah obat alami untuk mengobati wasir. Mulailah dengan seperempat jus lobak dan kemudian secara bertahap meningkat menjadi setengah gelas jus lobak.

Kulit delima.

Kulit delima juga serng digunakan sebagai obat untuk wasir. Cara penggunaannya, rebus kulit delima yang sudah dikupas dan saring sampahnya. Minumlah satu atau dua kali sehari.

(Baca juga: Terus-terusan Sengaja Dibuat Gagal, Jangan-jangan Anda Korban Bullying di Kantor)

Jeruk lemon dan jahe.

Dehidrasi adalah salah satu penyebab wasir. Untuk mencegah dehidrasi, ambil segelas air hangat dicampur dengan air jeruk nipis. Kemudian tambahkan beberapa tetes madu. Minum ramuan ini secara teratur dua kali sehari agar tetap terhidrasi.