Find Us On Social Media :

5 Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan 'Pendamping' BPJS Kesehatan

By Agus Surono, Sabtu, 6 Mei 2017 | 13:30 WIB

Pertimbangan sebelum memilih asuransi

Intisari-Online.com - Biaya pengobatan sakit saat ini terkadang memberatkan jika harus ditanggung sendiri. Beberapa perusahaan menanggung biaya itu sehingga sewaktu bekerja tak terasa. Bagaimana kalau sudah tidak bekerja? Asuransi menjadi solusi.

Selain itu, asuransi juga diperlukan sebagai pendamping BPJS, karena asuransi bisa mengakomodasi hal-hal yang tidak ditanggung oleh BPJS.

Jika tertarik pada pembiayaan kesehatan melalui jasa perusahaan asuransi, ada lima hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih perusahaan dan jenis asuransi kesehatan.

(Baca juga: Perlukah Menggabungkan BPJS dengan Asuransi Kesehatan yang Lain?)

Reputasi perusahaan asuransi

Sebelum menjatuhkan pilihan pada perusahaan asuransi kesehatan tertentu, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu reputasi perusahaan itu. Cari rujukan yang objektif sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

Jangan sampai kita mengalami bayar premi gampang, tapi untuk mendapatkan klaim susahnya bukan main. Layanan buruk macam ini sudah jamak dialami nasabah perusahaan asuransi tertentu.

Fasilitas yang diberikan

Selalu membandingkan fasilitas yang diberikan satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Dengan angka premi yang sama, apa yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi? Apakah nilai klaim yang diberikan wajar atau tidak?

(Baca juga: Tabrakan Beruntun, Saat Kita Sadar Pentingnya Klausul Third Party Liability pada Asuransi)

Kebutuhan layanan kesehatan

Jangan terlalu pelit dengan memilih premi yang paling kecil. Soalnya, nilai premi sangat mempengaruhi fasilitas yang diberikan. Bila Anda terbiasa dengan layanan kelas 1, tidak mungkin dong kita berharap dari premi Rp 100.000,- per bulan. Betul 'kan?

Jaringan pelayanan perawatan

Yang termasuk jaringan pelayanan perawatan ini di antaranya adalah rumah sakit rujukan dan kantor pelayanan. Pilihlah yang memiliki jaringan tersebar cukup luas atau minimal yang memiliki call center. Sebab, kita tidak tahu kapan dan di mana kita atau keluarga kita jatuh sakit.

Dengan jaringan pelayanan yang luas, di mana pun kita sakit, kita akan mendapatkan pelayanan perawatan yang sesuai. Kalau sakitnya di Cirebon, kita tak perlu harus dibawa ke Jakarta untuk dirawat di rumah sakit rujukan dari perusahaan asuransi yang kita pilih.

Layanan klaim

Pilihlah perusahaan asuransi yang dapat menerima klaim dari mana saja dan bukan hanya menerima klaim rumah sakit rujukan. Ini penting, karena akan memudahkan kita mendapatkan perawatan di mana saja.

(Baca juga: Punya 2,5 Juta Follower, Inilah Perkiraan Biaya Untuk Endorsement Lambe Turah)

Kalau berada jauh dari rumah sakit rujukan, kita bisa masuk ke rumah sakit yang tidak menjadi rujukan. Ketika terpaksa berobat ke luar negeri pun bisa mendapat layanan klaim. So, carilah perusahaan asuransi yang dapat menutup hal itu.