Find Us On Social Media :

5 Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan 'Pendamping' BPJS Kesehatan

By Agus Surono, Sabtu, 6 Mei 2017 | 13:30 WIB

Pertimbangan sebelum memilih asuransi

Intisari-Online.com - Biaya pengobatan sakit saat ini terkadang memberatkan jika harus ditanggung sendiri. Beberapa perusahaan menanggung biaya itu sehingga sewaktu bekerja tak terasa. Bagaimana kalau sudah tidak bekerja? Asuransi menjadi solusi.

Selain itu, asuransi juga diperlukan sebagai pendamping BPJS, karena asuransi bisa mengakomodasi hal-hal yang tidak ditanggung oleh BPJS.

Jika tertarik pada pembiayaan kesehatan melalui jasa perusahaan asuransi, ada lima hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih perusahaan dan jenis asuransi kesehatan.

(Baca juga: Perlukah Menggabungkan BPJS dengan Asuransi Kesehatan yang Lain?)

Reputasi perusahaan asuransi

Sebelum menjatuhkan pilihan pada perusahaan asuransi kesehatan tertentu, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu reputasi perusahaan itu. Cari rujukan yang objektif sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

Jangan sampai kita mengalami bayar premi gampang, tapi untuk mendapatkan klaim susahnya bukan main. Layanan buruk macam ini sudah jamak dialami nasabah perusahaan asuransi tertentu.

Fasilitas yang diberikan

Selalu membandingkan fasilitas yang diberikan satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Dengan angka premi yang sama, apa yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi? Apakah nilai klaim yang diberikan wajar atau tidak?

(Baca juga: Tabrakan Beruntun, Saat Kita Sadar Pentingnya Klausul Third Party Liability pada Asuransi)

Kebutuhan layanan kesehatan

Jangan terlalu pelit dengan memilih premi yang paling kecil. Soalnya, nilai premi sangat mempengaruhi fasilitas yang diberikan. Bila Anda terbiasa dengan layanan kelas 1, tidak mungkin dong kita berharap dari premi Rp 100.000,- per bulan. Betul 'kan?