Find Us On Social Media :

Ini Dia, 7 Manfaat Berlari di Samping Menurunkan Berat Badan

By Ilham Pradipta M., Jumat, 1 April 2016 | 09:30 WIB

Ini Dia, 7 Manfaat Berlari di Samping Menurunkan Berat Badan

Intisari-Online.com – Berlari merupakan olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Berlari juga memiliki manfaat lainnya, seperti membantu kita untuk mencegah penyakit yang akan menyerang. Bahkan, berlari juga dapat mengurangi stres yang terjadi pada diri kita. Berikut ini adalah manfaat dari berlari di samping menurunkan berat badan:

1. Mencegah penyakitBerlari dapat memperkuat tubuh dan jantung. Olahraga ini juga dikaitkan dapat mencegah penyakit kanker. Ketika berlari, tubuh kta akan lebih sehat dalam waktu yang lama. Ia juga akan membantu mengontrol tekanan darah kita. Berlari lima menit setiap harinya, juga dapat menurunkan setengah risiko masalah kardiovaskular.

2. Memperkuat tubuh untuk olahraga lainnyaRutin berlari tentu akan membatu tubuh menjadi lebih kuat. Terutama pada bagian kaki. Jadi, bila ingin melakukan olahraga jenis lain, setidaknya kita telah memiliki kekuatan yang diperoleh dari manfaat berlari.

3. Meningkatkan sistem imunStudi telah menunjukkan kalau berlari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Lakukan olahraga ini dengan santai, jangan terlalu keras. Bila terlalu intens. justru akan merugikan kesehatan tubuh kita.

4. Paru-paru menjadi lebih kuatSelain meningkatkan kesehatan jantung, lari juga sangat bermanfaat bagi paru-paru. Dengan berlari, kapasitas paru-paru dapat meningkat. Artinya paru-paru kita dapat lebih banyak untuk mengambil oksigen.

5. Meningkatkan suasana hatiMelalui olahraga ini, kita dapat merasa lebih bahagia. Hal itu bukan tanpa alasan. Berlari dapat memicu zat endorfin dalam tubuh. Zat inilah yang dapat meningkatkan suasana hati kita. Berlari juga dapat merangsang dopamin (zat yang berhubungan dengan kebahagian).

6. Menjaga kesehatan otakStudi dari Harvard mengatakan, kalau berlari dapat menjaga otak jadi lebih baik. Ia akan membantu untuk meningkatkan daya ingat kita. Selain itu, sel-sel otak pun dapat tumbuh dengan baik.

7. Mengurangi stresDi dalam vena yang sama ketika mengeluarkan zat yag meningkatkan suasana hati, ia juga memproduksi seratonin. Seratonin yang keluar dapat dapat menghasilkan perasaan tenang dan nyaman. Hal itu tentu dapat mengurangi stres yang sedang terjadi. Merasa stres? Pergilah berlari!

(Popsugar.com/Dominique Astorino)