Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Cara Agar Anak Cepat Tertidur Dengan Nyenyak

By Ilham Pradipta M., Selasa, 19 April 2016 | 14:40 WIB

Ini Dia, Lima Cara Agar Anak Cepat Tertidur Dengan Nyenyak

Intisari-Online.com – Anak-anak biasanya belum tahu betapa pentingnya mendapatkan tidur yang cukup. Tak jarang mereka tidur larut malam hanya untuk menonton televisi (TV). Padahal, tidur tetap waktu dengan jadwal yang telah ditentukan dapat menjaga kesehatan mereka. Lalu bagaimana cara untuk melakukannya? Berikut penjelasannya: 1.  Mengonsumsi makanan sehatSederhananya, apa yang kita makan akan mempengaruhi tidur kita. Begitu juga halnya pada anak-anak. Cobalah untuk memilih serat sebagai menu harian anak kita. Serat merupakan nutrisi yang paling penting untuk mereka. Anak-anak yang tidak mendapatkan cukup serat cenderung memiliki risiko sambelit. Alhasil, akan menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa perut yang penuh di malam harinya.

2. Tidur tepat waktuSuatu studi mengatakan, lebih dari 10.000 anak-anak di seluruh Australia, Kanada, Cina, India, dan Jepang, yang tidur tepat waktu setiap harinya, tidak mengalami gangguan saat tidur. Anak-anak yang selalu tidur tepat waktu tiap malamnya sesuai jadwal, lebih mudah tertidur. Mereka juga lebih sedikit terbangun di malam hari. Jadi, berpegang pada jadwal tidur yang telah ditetapkan, akan membuat anak kita mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

3. Hindari gadgetStudi pada 612 anak yang berusia antara 3 sampai 5 tahun mengatakan, kalau banyak dari mereka yang sulit tidur setelah menonton TV lewat pukul tujuh malam. Ternyata TV memiliki dampak negatif terhadap tidur mereka. Cahaya buatan yang berasal dari perangkat elektronik itu dapat mengganggu pelepasan hormon melatonin dalam tubuh mereka. Padahal melatonin berfungsi untuk membuat tubuh kita cepat tertidur.

4.Tetap aktif tiap harinyaMenurut Harvey Karp, dokter anak dan penulis The Happiest Toddler on the Block, tidur nyenyak sebenarnya dimulai dari hal yang kita lakukan pada pagi hari. Anak-anak sebenarnya dapat dengan mudah untuk tertidur dengan nyenyak pada malam harinya. Hanya saja hal itu tergantung pada segala sesuatu yang ia lakukan sepanjang hari. Jadi, aktif secara fisik seperti berolahraga dapat membuat anak tidur lebih mudah dan nyenyak malam harinya.

5. Kudapan sehat sebelum tidurKita bisa memilih makanan tinggi protein untuk camilan anak di malam hari. Tujuannya untuk menghindari perut keroncongan yang akan membangunkan mereka saat tertidur. Sebenarnya, kita jangan terlalu takut kalau hal itu dapat membuat perut anak menjadi penuh. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna protein.Berarti ia akan melepaskan energi itu lebih lambat sepanjang malam. Cobalah untuk memilih kacang, almond, buah, atau susu untuk menu kudapan tersebut. Sebenarnya kudapan ini diperuntukkan bagi anak-anak yang aktif sepanjang hari. Terlebih lagi kalau mereka tidak mengonsumsi makanan yang cukup di hari tersebut.

(Huffingtonpost.com/Sarah DiGiulio)