Find Us On Social Media :

Ini Dia, Empat Cara Agar Lebih Mudah Tertidur

By Ilham Pradipta M., Rabu, 20 April 2016 | 14:40 WIB

Ini Dia, Empat Cara Agar Lebih Mudah Tertidur

Intisari-Online.com – Sulit tidur atau terbangun di malam hari memang tak menyenangkan. Padahal tidur kita butuhkan untuk mengistirahatkan seluruh sistem tubuh. Tanpa tidur yang cukup, sudah pasti badan akan terasa lemas atau tidak prima ketika menjalani berbagai aktivitas. Lalu hal apa saja yang dapat membuat kita untuk mudah tertidur?

1. Mandi dengan air hangatTernyata air hangat dapat membantu kita untuk cepat tertidur. Ketika kita mandi atau berendam menggunakan air hangat, suhu tubuh kita akan meningkat. Dengan begitu ia akan menimbulkan rasa rilkes pada tubuh kita.Menurut Joyce Walsleben, PhD, associate profesor di New York University School of Medicine, kita akan tidur lebih nyenyak setelah mandi dengan air hangat. Kita juga bisa mencoba berendam dengan air hangat selama 20 menit. Menurut para ahli hal itu jauh lebih baik untuk meningkatkan kualitas tidur kita.

2. Buat ruang kamar menjadi gelapPada malam hari, tubuh kita akan melepaskan zat kimia yang disebut melatonin. Zat inilah yang membuat kita mengantuk. Tapi ia hanya akan memberikan sinyal pada otak ketika ruangan dalam keadaan gelap.Nah, saat kamar kita disinari oleh cahaya lampu, melatonin pun tidak dapat bekerja dengan baik. Bagi kita yang tidak terbiasa dengan suasana gelap, bisa mencoba alternatif lain dengan menggunakan lampu yang redup, atau remang-remang.

3. Kenakan piyamaKita bisa membantu tubuh untuk mengenali waktu tidur dengan berbagai rutinitas. Salah satuya ketika mengenakan piyama. Menurut Gary Zammit, PhD, direktur pada Sleep Disorders Institute di New York, dengan rutinitas seperti itu, otak akan menyetel ‘sleep mode’ dan memerintahkan tubuh unuk tidur. Sebenarnya tidak hanya mengenakan piyama saja rutinitas yang bisa kita lakukan. Contoh lainnya seperti menggosok gigi.

4. Matikan semua gadgetMengirim pesan di smartphone pada malam hari memang terlihat santai. Tapi sebenarnya cahaya yang dipancarkan oleh smartphone atau televisi, dapat mengganggu tidur kita. Alahkah lebih baik bila kita memilih untuk membaca buku di kursi yang nyaman—bukan di tempat tidur. Hal itu jauh lebih baik daripada sibuk dengat gadget yang kita miliki.

(Health.com)