Find Us On Social Media :

[ARSIP] Masih Ingat Isu Bolpoin Narkoba yang Dulu Gegerkan Indonesia?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 28 Agustus 2024 | 15:05 WIB

Pada pengujung 1990-an, ada isu beredar massif, masuk ke sekolah-sekolah dasar, bikin geger. Itulah isu bolpoin narkoba gara-gara aromanya wangi menyengat.

Pada pengujung 1990-an, ada isu beredar massif, masuk ke sekolah-sekolah dasar, bikin geger. Itulah isu bolpoin narkoba gara-gara aromanya wangi menyengat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Dulu, bertahun-tahun yang lalu, Indonesia pernah digegerkan dengan isu bolpoin narkoba yang masuk-masuk ke sekolah kita? Bolpoin itu dicurigai mengandung bahan adiktif karena baunya yang wangi menyengat.

Apa sebenarnya yang terkandung di dalamnya? Benarkah ia narkoba yang telah banyak merenggut nyawa generasi muda Indonesia? Atau ada zat lain? Lalu apa dampak dan bahayanya bagi tubuh kita? Intisari pernah menuliskannya untuk Anda, tayang Februari 2000 dengan judul "Isu Bolpoin Narkoba".

Artikel ini ditulis oleh Drs. Suharjono, M.S. Apt)

Baca Juga: Apakah Persamaannya Keranjingan Bermain Game atau Gadget dengan Pemabuk dan Pengguna Narkoba?

---

Kendati bukan narkoba, bolpoin wangi dikhawatirkan berisi zat kimia yang bisa menyebabkan budek, euforia, dan halusinasi.

Akhir-akhir ini beberapa orangtua murid dan guru di beberapa kota heboh. Ada isu narkoba dimasukkan ke bolpoin. Segera polisi di daerah setempat melakukan operasi pengamanan di toko-toko alat tulis dan mengimbau masyarakat agar mengamankan bolpoin itu.

Polisi dikabarkan akan membantu memeriksa bolpoin-bolpoin itu secara kimia, zat apakah yang terkandung di dalamnya, yang berbau stroberi. Belasan murid sekolah di Malang diwartakan mabuk. Seorang siswa SLTP di Surabaya dibawa ke rumah sakit karena muntah-muntah dan pingsan. Untung tidak ada yang dilaporkan meninggal.