Find Us On Social Media :

Inilah Contoh Sejarah Sebagai Kisah Yang Bisa Kita Ambil Teladannya

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 18 Juli 2024 | 13:40 WIB

Artikel ini akan membahas tentang contoh sejarah sebagai kisah, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel ini akan membahas tentang contoh sejarah sebagai kisah, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Orang-orang melihat sejarah terkadang sebagai peristiwa, terkadang sebagai kisah. Apa pengertian sejarah sebagai kisah? Lalu apa contoh sejarah sebagai kisah?

Pengertian sejarah sebagai kisah, menurut Surahman, dkk dalam buku Warisan Sejarah dan Budaya Kutai: Kajian Multidisiplin Ilmu (2022), sejarah memuat narasi yang tersusun berdasarkan ingatan manusia, beserta kesan atau interpretasi terhadap peristiwa di masa lalu.

Ringkasnya: sejarah sebagai kisah adalah narasi berisi peristiwa di masa lampau yang dituliskan dan diceritakan kembali oleh seseorang. Masih dari sumber yang sama, sejarah sebagai kisah dapat disusun secara lisan maupun tertulis.

---

Contoh Sejarah sebagai Kisah

Pada 1966 presiden pertama RI Bung Karno menceritakan kisah tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 di depan para pemuda, tentang latar belakang, proses, suasana, dan saat proklamasi dibacakan.

---

Menurut buku Pengantar Ilmu Sosial (2021) oleh Syafrizal dkk, pengertian sejarah sebagai kisah adalah narasi yang disusun menurut memori, kesan, atau tafsiran manusia terhadap kejadian di masa lampau.