Find Us On Social Media :

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 5 Juli 2024 | 07:53 WIB

Jean Piaget, psikolog anak dari Swiss. Bagaimana pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan siswa sd menurut Piaget?

Intisari-Online.com - Jean Piaget adalah seorang filsuf sekaligus psikolog yang punya perhatian besar terhadap tumbuh kembang anak, termasuk ketika si anak dalam fase sekolah dasar.

Lalu bagaimana pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan siswa SD menurut Piaget?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kita terlebih dahulu harus tahu bagaimana konsep yang ditawarkan oleh psikolog asal Swiss itu.

Perkembangan kognitif anak ini biasanya akan mengacu pada tahapan kemampuan anak dalam mendapatkan makna dan juga pengetahuan, mulai dari pengalaman dan informasi yang mereka peroleh.

Pendeknya, perkembangan motorik tersebut berhubungan dengan proses mengingat pengambilan keputusan dan juga pemecahan masalah.

Jika berbicara tentang perkembangan kognitif anak, ada beberapa teori yang perlu dipahami, salah satunya adalah teori Piaget.

Teori yang satu ini fokus pada anak-anak, mulai dari lahir sampai dengan dewasa dan menjelaskan mengenai tahapan perkembangan, termasuk moral, bahasa, memori, pikiran, dan lainnya.

Lalu seperti apa tahapannya?

Menurut Piaget, sebagaimana dikutip dari situs Gramedia.com, awal masa remaja akan terjadi transformasi kognitif yang besar menuju cara berpikir yang lebih konseptual, abstrak, dan juga berorientasi ke masa depan.

Pada usia remaja, anak-anak akan mulai menunjukkan minat dan kemampuannya di bidang seni, tulisan, musik, olahraga, dan keagamaan.

Teori perkembangan kognitif Jean Piaget ini menunjukkan bahwa kecerdasan akan berubah seiring dengan pertumbuhan anak.

Perkembangan kognitif anak tak hanya tentang mendapatkan pengetahuan, anak juga harus mengembangkan atau membangun mental mereka.