Find Us On Social Media :

Untuk Pertama Kalinya Gim Indonesia Hadir di World Cyber Games 2024

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 5 Juni 2024 | 13:44 WIB

Untuk pertama kali gim Indonesia hadir di World Cyber Games 2024. Tentu ini sesuatu yang sangat membanggakan bagi kita.

Intisari-Online.com - Untuk pertama kali gim Indonesia hadir di World Cyber Games 2024. Tentu ini sesuatu yang sangat membanggakan bagi kita.

Pada 2024 ini, Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) no.19 yang isinya untuk mempercepat perkembangan industri gim Nasional. Salah satu poinnya adalah menekankan pentingnya peningkatan aktivasi dan apresiasi terhadap produsen gim nasional melalui penyelenggaraan kegiatan berskala nasional, regional, dan global.

Jakarta, sebagai kota kolaborasi, menjadi pionir dalam inisiasi industri konten dengan melaksanakan program Forum Bisnis Ekonomi Kreatif.

Program ini akan mempertemukan berbagai stakeholder industri konten seperti komik, gim, film atau animasi dari berbagai negara dengan kreator lokal di Jakarta, menjadikan Forum Bisnis Ekonomi Kreatif sebagai pelopor ajang temu bisnis yang selaras dengan kemajuan industri global.

Harapannya, dengan adanya Forum Bisnis Ekonomi Kreatif ini juga dapat menarik perhatian investor domestik dan asing dalam melihat potensi industri Intellectual Property (IP) di Indonesia.

Dan tahun ini, Indonesia, sebagai market gim terbesar di Asia Tenggara, ditunjuk sebagai tuan rumah World Cyber Games (WCG) 2024. Ini festival multi-gim terbesar di dunia yang telah ada sejak tahun 2001 yang melibatkan 111 negara, 76 gim, dan 1,5 juta pemain gim dari seluruh dunia.

Rangkaian kegiatan WCG tahun ini akan diadakan di berbagai negara di Asia Tenggara, Jepang, dan Korea Selatan, dengan puncak festivalnya di Indonesia.

Event ini menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah puncak festival WCG yang akan berlangsung pada 31 Agustus – 1 September 2024, dan Lokapala, gim buatan Indonesia, menjadi salah satu official game di ajang bergengsi ini.

Pada acara press conference Penyelenggaraan World Cyber Games yang dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2024 di Markas, Midpoint Place, Jakarta Pusat ini, Ben Choi dari Bigpicture Interactive yang merupakan perwakilan bisnis dari WCG ini mengatakan, Indonesia dipilih sebagai tuan rumah karena memiliki potensi besar dalam industri esports dan gim nasional.

"Selain itu, Indonesia memiliki infrastruktur yang memadai dan komunitas gaming yang antusias, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk puncak festival WCG," ujarnya.

Liz Zeny Merry sebagai Plt. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Kemenko Marves ini juga menyampaikan bahwa betapa besarnya potensi Indonesia di industri gim ini.

"Potensi pasar gim di Indonesia di 2025 itu diprediksi sebesar 36 triliun rupiah, namun gim buatan Indonesia baru menyerap sebesar 0,5% saja. Perlu ada upaya-upaya untuk mempromosikan gim Indonesia di samping perlunya peningkatan kapasitas ataupun kualitas," katanya.