Find Us On Social Media :

Bisikan Perdana Menteri Australia ke Soeharto Minta Indonesia Caplok Timor Timur

By Afif Khoirul M, Minggu, 2 Juni 2024 | 18:15 WIB

Bisikan Whitlam meminta seoahrto anekasai Timor Timur secara paksa.

Intisari-online.com - Whitlam, sadar atau tidak, telah meyakinkan Soeharto atas invasi ke Timor Timur, maka dia bukan satu-satunya di antara para pemimpin dunia.

Gerald Ford dan Henry Kissinger bertemu dengan Suharto di Jakarta beberapa jam sebelum Operasi Seroja (pendudukan Dili secara paksa) dilancarkan.

________________________________________________________________

Ketika Presiden Soeharto bertemu dengan Perdana Menteri Willian McMahon, tahun 1972 hubungan Indonesia dan Australia berjalan baik di bawah bayang-bayang Konfrontasi.

Namun semua berubah sejak kunjungan Whitlam ke Jakarta pada tahun 1973.

Semenjak menjabat sebagai Presiden Indonesia, Soeharto bertemu dengan setidaknya 9 perdana menteri.

Maklum saja Soeharto telah menjabat selama 32 tahun, dan selama itu pula Australia telah berganti-ganti Perdana Menteri.

Soeharto memiliki kehangatan hubungannya dengan Paul Keating, namun Soeharto pertama kali menunjukkan rasa hormat dan kekaguman yang tulus terhadap seorang perdana menteri Australia pada tahun 1974 Gough Whitlam.

Dalam salah satu sketsa diplomasi Australia, Soeharto membawa Whitlam ke sebuah gua rahasia di Dataran Tinggi Dieng, dekat rumahnya di Yogyakarta.

Sebagai seorang Muslim sinkretis, Soeharto sering mengasingkan diri ke sana, sendirian atau bersama penasihat spiritualnya.

Untuk menerima hikmah mistik yang membantunya memandu kapal negara Indonesia.

Baca Juga: Misteri Masa Kecil Soeharto Dipercaya Anak Ningrat yang Ditipkan ke Orang Biasa