Find Us On Social Media :

Bagaimana Penjelasan Allah SWT Tidak Akan Mengubah Keadaan Suatu Kaum Sehingga Mereka Mengubah Keadaannya Sendiri

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 6 April 2024 | 21:17 WIB

Dalam Alquran dinyatakan bahwa Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri

Intisari-Online.com - Dalam Alquran dinyatakan bahwa Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri.

Hal ini tercantum dalam Surat Ar-Raad ayat 11.

Begini penjelasannya:

Bunyi surat Ar-raad ayat 11:

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Innallaha la yugayyiru ma biqaumin hatta yugayyiru ma bi`anfusihim, wa iza aradallahu biqaumin su`an fa la maradda lah, wa ma lahum min dunihi miw wal.

Artinya:

... sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri, dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagai mereka selain Dia."

Ada beberapa hal yang dapat kita simpulkan dari ayat di atas:

1. Bahwasanya kita selalu diawasi oleh para malaikat yang selalu mencatat segala amal perbuatan kita.

Jika itu perbuatan buruk, baru akan dicatat ketika tindakan itu telah dilakukan, tapi kalau amal kebaikan, baru berniat saja, sudah dicatat sebagai amal kebaikan.

2. Menyinggung tentang tawakal.