Find Us On Social Media :

Inilah 8 Golongan Penerima Zakat Fitrah, Siapa Saja yang Berhak Mendapatkannya ?

By Afif Khoirul M, Kamis, 4 April 2024 | 15:15 WIB

Ilustrasi - Inilah 8 golongan penerima zakat fitrah.

Intisari-online.com - Zakat fitrah merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap Muslim yang mampu pada bulan Ramadhan.

Zakat fitrah tidak hanya membersihkan harta, tetapi juga membantu meringankan beban fakir miskin dan meningkatkan kesejahteraan umat Islam.Penerima zakat fitrah terbagi menjadi delapan golongan yang disebut asnaf. Berikut adalah daftar 8 golongan penerima zakat fitrah:1. FakirFakir adalah orang yang tidak memiliki harta dan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup pokoknya.2. MiskinMiskin adalah orang yang memiliki harta dan penghasilan, tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup pokoknya.3. AmilAmil adalah orang yang bertugas mengelola dan mendistribusikan zakat.4. MualafMualaf adalah orang yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk memperkuat iman dan kehidupannya.

Baca Juga: Tata Cara Bayar Zakat Fitrah, Baik Secara Offline Maupun Online5. Hamba sahayaHamba sahaya adalah orang yang terikat perbudakan dan ingin memerdekakan diri.6. GharimGharim adalah orang yang memiliki hutang untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok dan tidak mampu melunasinya.7. Fi SabilillahFi Sabilillah adalah orang yang berjuang di jalan Allah SWT, seperti mujahid, pejuang dakwah, dan pelajar agama.8. Ibnu SabilIbnu Sabil adalah orang yang sedang dalam perjalanan dan kehabisan bekal.Penentuan mustahik (penerima zakat) harus dilakukan dengan cermat dan teliti agar zakat tepat sasaran dan manfaatnya dapat dirasakan oleh mereka yang benar-benar membutuhkan.Berikut beberapa tips dalam memilih mustahik zakat fitrah:Memilih mustahik yang fakir dan miskin

Baca Juga: Alhamdulillah, Ini Doa Dan Bacaan Menerima Zakat Fitrah Dengan Artinya

Memilih mustahik yang tinggal di sekitar tempat tinggal Anda

Memilih mustahik yang dikenal baik akhlaknya

Memilih mustahik yang benar-benar membutuhkan bantuan

Anda dapat menyalurkan zakat fitrah melalui lembaga amil zakat (LAZ) terpercaya atau langsung

kepada mustahik yang Anda kenal.

Demikian 8 golongang penerima zakat fitrah, yang berhak mendapatkannya.Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menunaikan zakat fitrah.