Penulis
Intisari-Online.com -Salah satu faktor terpenting dalam perkembangan sebuah bangsa adalah pendidikan.
Lalu bagaimanakah perkembangan kehidupan sosial masyarakat indonesia dalam pendidikan dan kesejahteraan sejak kemerdekaan hingga reformasi?
Artikel ini akan menjawabnya untuk para pembaca sekalian.
Kondisi kehidupan sosial masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan pada masa kemerdekaan
Tak lama setelah merdekan,segala bentuk diskriminasi rasial dalam dunia pendidikan segera dihapuskan.
Artinya, semuawarga indonesia berhak mengakses pendidikan.
Kita tahu, pada masa penjajahan kesempatan memperoleh pendidikan bagi anak-anak indonesia sangat terbatas.
Sebagai akibatnya hanya segelintir orang yang merasakan pendidikan, sementara sebagian besar buta huruf.
Setelah indonesia merdeka, pemerintah mengangkat KI hajar dewantara sebagai menteri pendidikan, pengajaran dan kebudayaan (PP dan K).
Saat Suwandi menjabat sebagai Menteri Pendidikan, dia membentukpantia penyelidikan pengajaran republik indonesia.
Panitia ini bertugasmeneliti dan merumuskan masalah pengajaran setelah kemerdekaan.
Pendidikan pada awal kemerdekaan terbagi atas 4 tingkatan, yaitu pendidikan rendah, pendidikan menengah pertama, pendidikan menengah atas, dan pendidikan tinggi.
Pendidikan pada masa demokrasi terpimpin
Demokrasi terpimpin ditandai dengan banyaknya pergolakan dan persoalan ekonomi.
Gejolak politik menyebabkan munculnya gangguan keamanan di berbagai tempat, dan upaya perbaikan ekonomi yang tidak berjalan lancar, menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran.
Pada 1950,diadakan pengalihan masalah pendidikan dari pemerintah belanda kepada pemerintahan RIS (Republik Indonesia Serikat).
Setelah itu disusunsuatu konsepsi pendidikan yang menitikberatkan kepada spesialis karena menurut Menteri Pendidikan pada saat itu, bangsa Indonesia sangat tertinggal dalam pengetahuan teknik yang sangat dibutuhkan oleh dunia modern.
Pendidikan umum dan pendidikan teknik dilaksanakan dengan perbandingan 3 banding 1.
Maksudnya, setiap ada sekolah umum, diadakan 1 sekolah teknik.
Pendidikan masa demokrasi terpimpin
Dinamika politik yang terjadi pada masa Demokrasi Terpimpin berupa persaingan antar kekuatan politik yang berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat Indonesia waktu itu.
Pendidikan pada tahun 1950-an, murid sekolah lanjutan tingkat pertama dan sekolah lanjutan tingkat atas jumlahnya banyak sekali dan sebagian besar mengharapkan menjadi mahasiswa.
Untuk memenuhi keinginan umat islam didirikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Kemudian pada tahun 1962 sistem pendidikan SMP dan SMA mengalami perubahan.
Dalam kurikulum SMP ditambahkan mata pelajaran Ilmu Administrasi dan Kesejahteraan Masyarakat, dan SMA penjurusan dilakukan mulai kelas II dibagi menjadi kelas budaya, kelas sosial dan ilmu alam.
Pendidikan di masa Orde Baru
Pada masa orde baru, pemerintahan berhasil mewujudkan stabilitas politik dan menciptakan suasana aman bagi masyarakat Indonesia.
Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari penurunan angka kemiskinan penurunan angka kematian bayi, dan peningkatan partisipasi pendidikan dasar.
Program-program untuk perbaikan kesejahteraan rakyat yang dilaksanakan pada masa orde baru antara lain adalah transmigrasi, keluarga berencana (KB), puskesmas dan posyandu, pendidikan dan kebudayaan.
Pendidikan pada masa reformasi
Pada masa awal reformasi sempat diwarnai dengan terjadinya berbagai konflik sosial yang bersifat etnis ditengah-tengah masyarakat.
Sebabnya adalah kondisi sosial masyarakat yang kacau akibat lemahnya hukum dan kondisi ekonomi negara yang tidak kunjung membaik mengakibatkan sering terjadi gesekan-gesekan dalam masyarakat.
Seiring berjalannya waktu pemerintah era reformasi mampu mengatasi masalah yang dihadapi kehidupan masyarakat indonesi berangsur-angsur kembali kondusif.
Pendidikan pada masa Reformasi ditetapkan UUD No 22 Tahun 1999 yang mengubah sistem pendidikan Indonesia menjadi sektor pembangunan yang di desentralisasikan dan UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menggantikan UU No 2 tahun 1989 yang mendefinisikan ulang pengrtian pendidikan.
Begitulah jawaban dari pertanyaanbagaimanakah perkembangan kehidupan sosial masyarakat indonesia dalam pendidikan dan kesejahteraan sejak kemerdekaan hingga reformasi? Semoga bermanfaat.