Find Us On Social Media :

Faktor Munculnya Golongan Terpelajar Pada Awal Abad ke-20 di Indonesia Adalah

By Afif Khoirul M, Senin, 18 Maret 2024 | 18:00 WIB

Faktor munculnya golongan terpelajar pada abad ke-20 di Indonesia.

 

Intisari-online.com - Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya golongan terpelajar di Indonesia pada awal abad ke-20 merupakan sebuah babak penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa.

Kemunculan mereka menjadi tonggak awal kebangkitan nasional dan pergerakan kemerdekaan. Berikut beberapa faktor utama yang mendasarinya:

1. Politik Etis (Balmoral Stelsel):

Diberlakukan tahun 1900, politik ini bertujuan memperbaiki kehidupan rakyat jajahan di bidang pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Kebijakan ini membuka akses pendidikan bagi kaum bumiputera, termasuk untuk jenjang yang lebih tinggi seperti HBS (sekolah menengah atas) dan STOVIA (sekolah kedokteran).

2. Perkembangan Sistem Pendidikan Kolonial:

Belanda mulai menerapkan sistem pendidikan Barat di Hindia Belanda, meskipun dengan diskriminasi.

Sekolah-sekolah seperti HIS (sekolah dasar) dan MULO (sekolah menengah pertama) mulai didirikan, meskipun hanya sebagian kecil orang Indonesia yang dapat mengaksesnya.

Munculnya sekolah-sekolah ini melahirkan generasi baru terpelajar yang memiliki pengetahuan dan wawasan lebih luas.

3. Kebangkitan Nasionalisme:

Munculnya ide-ide nasionalisme di Eropa mulai memengaruhi pemikiran kaum terpelajar Indonesia.

Baca Juga: Inilah Faktor Yang Menyebabkan Kekuasaan Bani Umayyah Di Damaskus Melemah Dan Melanjutkan Kekuasaannya Di Spanyol

Mereka mulai mempertanyakan sistem kolonialisme dan mendambakan kemerdekaan.Semangat nasionalisme ini mendorong mereka untuk bersatu dan memperjuangkan hak-haknya.