Find Us On Social Media :

Demokrat Masuk Kabinet? AHY Dilantik Presiden Jokowi Sebagai Menteri ATR/BPN Hari Ini

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 21 Februari 2024 | 10:03 WIB

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri ATR/BPN)

Intisari-Online.com - Partai Demokrat tinggal selangkah lagi masuk kabinet Presiden Jokowi.

Karena, sebentar lagi, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebentar lagi dilantik Presiden Jokowi sebagai Menter Agratia dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Pelantikan akan berlangsung hari ini, Rabu (21/2).

Selain AHY, Presiden Jokowi juga akan melantik Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) baru.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan bahwa Jokowi akan melantik dua menteri pada hari ini. Namun, ia tidak menyebutkan nama-nama yang akan dilantik.

"Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok ya," ujar Ari, Selasa (20/2).

Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menyampaikan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan masuk ke dalam kabinet Jokowi untuk menjadi Menteri ATR/BPN.

Menurut Gaus, AHY menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang akan dilantik menjadi Menko Polhukam.

Kursi Menko Polhukam sendiri saat ini diisi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) usai Mahfud MD mundur.

“Jabatan (Hadi) yang lama ini diisi oleh AHY, kenapa AHY? Demokrat kan sekarang sudah bergabung dengan Pak Jokowi,” ujar Guspardi.

Kompas.com melaporkan, berdasarkan informasi dari seorang sumber di Istana, AHY dikonfirmasi akan dilantik menjadi Menteri ATR/BPN hari ini.

Jokowi juga membenarkan bahwa akan ada pelantikan pejabat baru di Istana pada hari Rabu.