Find Us On Social Media :

Apa Hasil Kesepakatan pada Peristiwa Rengasdengklok 16 Agustus 1945?

By Ade S, Kamis, 8 Februari 2024 | 20:03 WIB

Foto ini sering dianggap bertempat di Rengasdengklok pada 1945. Namun sejatinya, foto ini bertempat di Pesanggrahan Ranggam, Muntok, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Setelah Belanda menginvasi Yogyakarta, rumah ini menjadi tempat pengasingan Bung Karno, Agus Salim, Ali Sastroamidjojo, Mohammad Roem. Artikel ini menjelaskan apa hasil kesepakatan pada Peristiwa Rengasdengklok, yang merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia.

Intisari-Online.com - ahukah Anda bahwa sehari sebelum Proklamasi Kemerdeaak, ada peristiwa yang sangat menentukan nasib bangsa iniyaitu Peristiwa Rengasdengklok?

Di sana, terjadi perdebatan sengit antara golongan muda dan golongan tua tentang kapan dan bagaimana Indonesia harus memproklamasikan kemerdekaannya.

Lalu, apa hasil kesepakatan pada Peristiwa Rengasdengklok? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok tidak terlepas dari latar belakang kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II.

Pada 14 Agustus 1945, Kaisar Hirohito mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, setelah Hiroshima dan Nagasaki dibom atom.

Berita ini segera sampai ke telinga bangsa Indonesia, khususnya para pemuda yang bekerja di Domei, kantor berita Jepang.

Para pemuda ini, yang tergabung dalam Angkatan Muda Indonesia, dipimpin oleh Chaerul Saleh, langsung mengadakan pertemuan.

Mereka berpendapat bahwa Indonesia harus segera memproklamasikan kemerdekaannya, tanpa menunggu bentukan Jepang.

Mereka meyakini bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Peristiwa Rengasdengklok Memberikan Manfaat Yaitu Tiga Hal Ini