Find Us On Social Media :

Inilah 2 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Singasari, Pemberontakan Hingga Serangan Bangsa Asing

By Afif Khoirul M, Rabu, 24 Januari 2024 | 15:15 WIB

Ilustrasi - Penyebab runtuhnya kerajaan Singasari.

Intisari-online.com - Kerajaan Singasari adalah salah satu kerajaan besar yang pernah berdiri di Pulau Jawa pada abad ke-13 Masehi.

Namun, apa yang menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Singasari?

Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan Raja Kertanegara, yang berhasil menguasai hampir seluruh wilayah Nusantara.

Namun, kerajaan ini juga mengalami keruntuhan yang dramatis akibat dua faktor utama, yaitu pemberontakan Jayakatwang dan serangan bangsa Mongol.

Pemberontakan Jayakatwang

Jayakatwang adalah bupati Gelang-Gelang, sebuah daerah yang termasuk dalam wilayah Kadiri, salah satu kerajaan bawahan Singasari.

Jayakatwang memiliki hubungan kekerabatan dengan Kertanegara, baik melalui pernikahan maupun keturunan.

Namun, Jayakatwang juga menyimpan dendam terhadap leluhur Kertanegara, yaitu Ken Arok, yang dianggap sebagai pembunuh leluhur Jayakatwang, yaitu Tunggul Ametung.

Jayakatwang mendapat dukungan dari Arya Wiraraja, bupati Sumenep, yang juga memiliki ambisi untuk memerdekakan diri dari Singasari.

Arya Wiraraja memberikan informasi kepada Jayakatwang tentang waktu yang tepat untuk melakukan pemberontakan, yaitu ketika Kertanegara sedang sibuk menghadapi serangan bangsa Mongol.

Jayakatwang pun memanfaatkan kesempatan ini untuk menyerbu ibu kota Singasari dan membunuh Kertanegara pada tahun 1292 Masehi.

Jayakatwang kemudian mendirikan Kerajaan Kediri yang baru dan menobatkan dirinya sebagai raja.