Find Us On Social Media :

Inilah Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara Hingga Keruntuhannya

By Afif Khoirul M, Selasa, 16 Januari 2024 | 14:35 WIB

Ilustrasi - Kehidupan politik kerajaan Tarumanegara.

Intisari-online.com - Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang berdiri sejak abad ke-4 Masehi.

Seperti apa kehidupan politik Kerajaan Tarumanegara ini?

Kerajaan ini bercorak Hindu dan terletak di tepi Sungai Citarum, Jawa Barat.

Kerajaan ini diperintah oleh 12 raja secara turun-temurun, yang pertama adalah Maharesi Jayasingawarman dari India, dan yang terakhir adalah Linggawarman.

Sumber Sejarah

Informasi mengenai keberadaan dan kehidupan politik Kerajaan Tarumanegara didapat dari beberapa sumber sejarah, yaitu:

- Berita dari bangsa asing, seperti Claudius Ptolemaeus, Fa Hsien, dan Gunawarman, yang menyebutkan adanya kerajaan bernama Argyre, Ye-Po-Ti, atau Tolomo di ujung timur Pulau Jawa, yang beragama Hindu dan Budha.

- Prasasti-prasasti yang berbahasa Sanskerta dan beraksara Pallawa, yang ditemukan di sekitar wilayah Kerajaan Tarumanegara, seperti Prasasti Ciaruteun, Prasasti Pasir Koleangkak, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Tugu, Prasasti Pasir Awi, Prasasti Muara Cianten, dan Prasasti Cidangiang.

Prasasti-prasasti ini memuat informasi tentang nama raja, gelar, wilayah, kegiatan, dan kepercayaan Kerajaan Tarumanegara.

Kekuasaan dan Kebijakan Raja

Raja yang paling terkenal dan berpengaruh dari Kerajaan Tarumanegara adalah Purnawarman, yang memerintah pada tahun 395-434 Masehi.

Baca Juga: Kehidupan Ekonomi Kerajaan Mataram Kuno yang Terletak di Jawa Tengah