Find Us On Social Media :

Menguak Kehidupan Ekonomi Kerajaan Majapahit yang Pernah Menguasai Nusantara

By Afif Khoirul M, Jumat, 12 Januari 2024 | 09:15 WIB

Ilustrasi - Menguak kehidupan ekonomi kerajaan Majapahit.

Intisari-online.com - Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan Hindu-Buddha terbesar dan terakhir di Nusantara yang berdiri dari abad ke-13 hingga abad ke-16 Masehi.

Lantas, seperti apa kehidupan ekonomi Kerajaan Majapahit?

Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada, yang berhasil menguasai hampir seluruh wilayah Nusantara, bahkan sampai ke Semenanjung Malaya dan beberapa wilayah di Asia Tenggara.

Selain kekuatan politik dan militer, Majapahit juga dikenal sebagai kerajaan yang maju dalam bidang ekonomi.

Faktor Pendukung Perekonomian Majapahit

Ada dua faktor utama yang mendukung perekonomian Majapahit, yaitu keberadaan Sungai Brantas dan Bengawan Solo serta adanya beberapa pelabuhan atau bandar dagang milik Majapahit di pantai utara Jawa.

Sungai Brantas dan Bengawan Solo

Sungai Brantas dan Bengawan Solo merupakan sumber air yang melimpah dan subur, yang memungkinkan Majapahit mengembangkan sektor pertanian.

Tanah di sekitar sungai-sungai ini cocok untuk ditanami berbagai macam komoditas pertanian, seperti padi, palawija, buah-buahan, sayur-sayuran, dan rempah-rempah.

Hasil pertanian ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Majapahit, tetapi juga menjadi komoditas ekspor yang diminati oleh pedagang asing.

Masyarakat Majapahit memiliki sistem pertanian yang teratur dan lestari, yaitu dengan menerapkan sistem pengerjaan sawah dan ladang secara bergilir.

Tujuannya adalah untuk menjaga kesuburan tanah dan mencegah erosi.