Find Us On Social Media :

Penjelasan Navy Blue Water yang Diungkapkan Anies Baswedan dan Tingkatan Kekuatan Angkatan Laut

By Afif Khoirul M, Minggu, 7 Januari 2024 | 09:25 WIB

Ilustrasi - Penjelasan Navy Blue Water, dan kekuatan angkatan laut.

Intisari-online.com - Anies Baswedaan, Capres Pemilu 2024 nomor urut 1, baru-baru ini mengungkapkan bahwa Indonesia harus memiliki angkatan laut yang mampu beroperasi di perairan biru atau navy blue water.

Apa maksud dari istilah navy blue water dan bagaimana tingkatan kekuatan angkatan laut di dunia?

Blue water adalah istilah yang digunakan untuk menyebut perairan laut yang berada di luar wilayah yurisdiksi nasional, seperti samudera.

Angkatan laut yang mampu beroperasi di blue water disebut sebagai blue water navy, yang memiliki kemampuan untuk melakukan proyeksi kekuatan, ekspedisi, dan operasi militer di seluruh dunia.

Tingkatan kekuatan angkatan laut di dunia biasanya dibagi menjadi tiga kategori, yaitu brown water navy, green water navy, dan blue water navy.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing kategori:

Brown water navy adalah angkatan laut yang hanya mampu beroperasi di perairan dangkal, seperti sungai, danau, atau pantai.

Angkatan laut ini biasanya memiliki kapal-kapal kecil, ringan, dan bersenjata ringan, yang digunakan untuk patroli, pengintaian, atau pertahanan pantai.

Green water navy adalah angkatan laut yang mampu beroperasi di perairan yurisdiksi nasional, seperti laut lepas, selat, atau kepulauan.

Angkatan laut ini biasanya memiliki kapal-kapal yang lebih besar, berat, dan bersenjata berat, yang digunakan untuk mengamankan dan menangkal setiap ancaman terhadap keutuhan wilayah negara.

Blue water navy adalah angkatan laut yang mampu beroperasi di perairan biru, seperti samudera.

Baca Juga: Mengungkap Sejarah Belanda Menyerah tanpa Syarat kepada Jepang di Kalijati