Find Us On Social Media :

Bisa 30 Kali Lebih Tinggi dari Tsunami Jepang, Bencana Hebat Mengintai di Sisi Selatan Jawa

By Ade S, Selasa, 2 Januari 2024 | 11:03 WIB

Ilustrasi tsunami menggunakan AI. Zona megathrust Selat Sunda berpotensi memicu tsunami yang 30 kali lebih tinggi dari tsunami Jepang. Simak fakta dan ancamannya di artikel ini.

Intisari-Online.com - Pada awal tahun 2024, dunia dikejutkan oleh bencana alam yang menimpa Jepang.

Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang negeri sakura dan memicu gelombang tsunami yang menghantam sejumlah daerah di pantai barat.

Tsunami Jepang yang terjadi pada 1 Januari 2024 itu memiliki ketinggian maksimum sekitar 1,2 meter.

Meski tidak sebesar tsunami yang pernah melanda Jepang pada tahun 2011, tsunami ini tetap menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.

Namun, tahukah Anda bahwa ada ancaman bencana yang jauh lebih besar dan lebih dekat dengan kita?

Bahkan, yang lebih menakutkan adalah bahwa tsunami yang bisa terjadi bisa memiliki ketinggian yang 30 kali lipat dari tsunami Jepang.

Tsunami Jepang 2024

Seperti diketahui, akibat gempa dahsyat berkekuatan 7,5, gelombang tsunami setinggi 1,2 meter menerjang Kota Wajima, Prefektur Ishikawa pada pukul 16:21 waktu setempat.

Kota Toyama, Prefektur Toyama juga tidak luput dari dampak tsunami yang mencapai ketinggian 80 sentimeter pada pukul 16.35.

Selain itu, melansir Kompas.com, Kota Kashiwazaki, Prefektur Niigata juga mengalami tsunami Jepang yang berukuran 40 sentimeter pada pukul 16:36.

Menurut laporan Reuters pada Selasa (2/1/2024) pagi, polisi dan pemerintah setempat menyatakan bahwa enam orang meninggal dunia karena tertimpa bangunan yang roboh akibat gempa Jepang.

Baca Juga: Pernah Diangkat Jadi Film, Inilah Kisah Inspiratif Delisa, Penyintas Tsunami Aceh 2004 Yang Harus Hidup Dengan 1 Kaki