Find Us On Social Media :

Komunitas yang Turut Berperan Dalam Upaya Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan

By Ade S, Selasa, 2 Januari 2024 | 13:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini mengulas tentang identifikasi komunitas yang turut berperan dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Intisari-Online.com - Pembangunan berkelanjutan tidak hanya menyangkut aspek ekonomi, tetapi juga aspek sosial dan lingkungan.

Untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, diperlukan kerjasama dan partisipasi dari berbagai komunitas yang memiliki visi dan misi yang sejalan.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat tentang identifikasi komunitas yang turut berperan dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Kita akan melihat apa saja nama, tujuan, dan aktivitas dari komunitas-komunitas tersebut.

Kita juga akan mengetahui bagaimana komunitas-komunitas tersebut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan, mengelola sumber daya alam, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Apa Itu dan Bagaimana Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Melansir Kompas.com, Antonina Panca Yuni Wulandari, dalam bukunya yang berjudul Relasi dengan Dunia: Alam, Iptek, dan Kerja (2005), menjelaskan bahwa pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Hal ini berarti pembangunan ekonomi, yang selalu menggunakan sumber daya alam, harus dilakukan dengan cara yang memastikan generasi yang akan datang bisa meneruskan pembangunan yang sedang berlangsung.

Untuk memahami pembangunan berkelanjutan, ada beberapa prinsip dasar yang harus dipatuhi. Tiga prinsip tersebut adalah:

1) Prinsip demokrasi2) Prinsip keadilan3) Prinsip keberlanjutan

Ketika tiga prinsip ini diterapkan sebagai sebuah kebijakan pembangunan, maka aspek-aspek pembangunan akan terjamin.

Baca Juga: Prediksi Konsep Pembangunan Keberlanjutan untuk Masa Depan Maritim dan Bahari Indonesia dari Terumbu Karang