Find Us On Social Media :

Perlak ke Aceh Darussalam, Ini Perjalanan Sejarah Kerajaan Islam di Aceh

By Afif Khoirul M, Rabu, 27 Desember 2023 | 14:30 WIB

Ilustrasi - Kerajaan Islam Pertama di Aceh,.

Intisari-online.com - Aceh adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki sejarah panjang dan kaya dalam perkembangan Islam.

Lalu seperti apa sejarah kerajaan Islam pertama di Aceh?

Islam masuk ke Aceh melalui jalur perdagangan maritim oleh para pedagang dan mubaligh dari Gujarat, Persia, dan Arab pada abad ke-7 atau ke-8 Masehi.

Islam kemudian berkembang melalui berdirinya beberapa kerajaan Islam di Aceh seperti Perlak, Samudera Pasai, dan Aceh Darussalam yang berperan penting dalam penyebaran agama ini ke daerah lain.

Kerajaan Perlak adalah kerajaan Islam pertama di nusantara, bahkan Asia Tenggara, yang berdiri pada abad ke-9 hingga abad ke-13, atau lebih tepatnya antara tahun 840-1292 M.

Kerajaan ini didirikan oleh Sultan Alaiddin Sayid Maulana Abdul Azis Syah, yang merupakan keturunan dari Sayid Ali Al-Muktabar, salah satu anggota rombongan dakwah dari Mekkah yang datang ke Perlak pada tahun 800 M.

Kerajaan Perlak mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Makhdum Alaiddin Malik Muhammad Amin II, yang berkuasa antara 1230-1267 M.

Di bawah kekuasaannya, Perlak mengalami kemajuan pesat, terutama dalam bidang pendidikan Islam dan perluasan dakwah.

Kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan Islam kedua di Aceh yang berdiri pada tahun 1267 dan runtuh pada tahun 1521.

Kerajaan ini didirikan oleh Sultan Malik Al-Saleh, yang merupakan putra dari Sultan Makhdum Alaiddin Malik Muhammad Amin II dari Perlak.

Kerajaan Samudera Pasai terkenal sebagai pusat perdagangan dan diplomasi internasional, yang menjalin hubungan dengan berbagai negara seperti Cina, India, Siam, dan Mesir.

Baca Juga: Sumber Sejarah Kerajaan Salakanagara, Leluhur Suku Sunda yang Masih Misterius