Find Us On Social Media :

Perbedaan Isi Rumusan Dasar Negara Dalam Sejarah Perumusan Pancasila

By Ade S, Selasa, 5 Desember 2023 | 10:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini akan jelaskan perbedaan isi rumusan dasar negara dalam sejarah perumusan Pancasila dari tiga tokoh pendiri bangsa.

Intisari-Online.com - Tahukah Anda bahwa Pancasila tidak langsung terbentuk seperti yang kita kenal sekarang?

Dalam sejarah perumusan Pancasila, ada tiga tokoh pendiri bangsa yang turut mengusulkan rumusan dasar negara yang berbeda-beda.

Artikel ini akan jelaskan perbedaan isi rumusan dasar negara dalam sejarah perumusan Pancasila dari Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Perbedaan tersebut meliputi cara memaknai dasar negara, urutan butir dasar negara, diksi yang digunakan, dan cara penyampaian.

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Tiga Usulan Dasar Negara dalam Sidang BPUPKI Pertama

Sidang pertama BPUPKI yang berlangsung pada 29 Mei - 1 Juni 1945 membahas salah satu agenda penting, yaitu dasar negara Indonesia yang kemudian dikenal sebagai Pancasila.

Melansir Kompas.com, sebelum Pancasila terbentuk, ada tiga tokoh yang ikut mengajukan rumusan dasar negara, yaitu Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Ketiganya memiliki pandangan yang berbeda tentang ketuhanan dan makna Pancasila.

* Usulan Mohammad Yamin

Menurut Mohammad Yamin, Pancasila adalah lima dasar negara yang menjadi pedoman aturan untuk perilaku manusia yang baik.

Baca Juga: Proses Perumusan Hingga Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara dalam Sejarah Bangsa Indonesia