Find Us On Social Media :

Kenapa Perubahan Dari Zaman Mesolitikum Ke Zaman Neolitikum Sering Disebut Sebagai Revolusi Neolitik?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 29 November 2023 | 16:17 WIB

Perubahan dari zaman Mesolitikum ke zaman Neolitikum sering disebut sebagai Revolusi Neolitik karena ada perubahan besar yang ditandai dengan perubahan dari food gathering menjadi foot producing.

Intisari-Online.com - Ada perubahan-perubahan penting yang terjadi dari zaman Mesolitikum ke zaman Neolitikum.

Perubahan dari zaman Mesolitikum ke zaman Neolitikum sering disebut sebagai revolusi neolitik karena ada perubahan besar yang ditandai oleh hal-hal berikut ini.

Mengutip dari Kompas.com, Revolusi Neolitik merupakan fase transisi budaya manusia selama periode Neolitikum dari gaya hidup berburu dan meramu (food gathering) menjadi bermukim dan memproduksi makanan sendiri dengan bercocok tanam (food producing).

Peralihan zaman Mesolitikum ke Neolitikum menandakan adanya revolusi kebudayaan dari food gathering menuju food producing.

Istilah Revolusi Neolitik pertama kali dicetuskan oleh V. Gordon Childe pada 1923.

Istilah itu menggambarkan revolusi pertanian dalam sejarah Timur Tengah.

Revolusi Neolitik juga dikenal sebagai Revolusi Pertanian atau Transisi Demografis Neolitik.

Bentuk pelajaran dari alam yang terjadi pada masa peralihan Zaman Mesolitikum ke Zaman Neolitikum yang menandakan adanya revolusi kebudayaan pada proses manusia purba mengenal kegiatan bercocok tanam adalah saat masyarakatnya mulai hidup menetap.

Manusia yang hidup di zaman itu mengamati dan bereksperimen dengan tanaman untuk memelajari bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Pengetahun baru yang mereka dapatkan kemudian memungkinkan terjadinya domestikasi tanaman.

Oleh karena itu, masa bercocok tanam dianggap sebagai tonggak kemajuan manusia karena terjadi revolusi dari food gathering ke food producing.

Periode ini digambarkan sebagai revolusi untuk menunjukkan pentingnya dan tingkat perubahan yang memengaruhi masyarakat di mana praktik peranian baru diadopsi dan disempurnakan secara bertahap.