Find Us On Social Media :

Mengenal Sosok Nuruddin ar-Ranini, Mufti Kerajaan Aceh Yang Punya Peran Penting Dalam Perkembangan Islam Di Nusantara

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 29 November 2023 | 15:17 WIB

Beliau adalah negarawan, ahli fikih, teolog, sufi, sejarawan dan sastrawan penting dalam sejarah Melayu pada abad ke-17. Perannya dalam perkembangan Islam di Nusantara tidak dapat diabaikan. Beliau adalah Nuruddin Ar-Raniri

Intisari-Online.com - "Beliau adalah negarawan, ahli fikih, teolog, sufi, sejarawan dan sastrawan penting dalam sejarah Melayu pada abad ke-17. Perannya dalam perkembangan Islam di Nusantara tidak dapat diabaikan. Beliau adalah..."

Dialah Nuruddin ar-Raniri, mufti Kerajaan Aceh asal Gujarat yang punya peran penting dalam penyebaran Islam di Nusantara.

Seperti disinggung di awal, Syekh Nuruddin ar-Ranini merupakan negarawan, ahli fikih, teolog, sufi, sejarawan dan sastrawan penting dalam sejarah Melayu pada abad ke-17.

Perannya dalam perkembangan Islam di Nusantara tidak dapat diabaikan, khususnya di Aceh.

Namanya tidak hanya dikenal sebagai ulama dari Gujarat yang memiliki peran besar dalam menyebarkan Islam di Aceh.

Lebih dari itu, Ar-Ranini juga adalah mufti alias penasihat penguasa Kerajaan Aceh.

Syekh Nuruddin ar-Raniri lahir di Gujarat, India, pada sekitar akhir abad ke-16.

Dikutip dari Kompas.com, ayah Ar-Raniri masih punya darah Arab Hadhramaut, sementara ibunya keturunan Melayu.

Sejak kecil, Syekh Nuruddin ar-Raniri belajar ilmu agama dari para ulama ternama.

Di antaranya adalah guru Tarekat Rifaiyah keturunan Hadhramaut, Hujarat Abu Nafs Syayid Imam bin Abdullah bin Syaiban dan Abu Hafs Umar bin Abdullah Ba Syayban al-Tarimi al-Hadhrami atau Sayyid Umar al-Alaydrus.

Setelah sekian lama belajar dan dipercaya sebagai pucuk pimpinan Tarekat Aydarusiyah dan Rifaiyah, Syekh Nuruddin ar-Raniri membuat beberapa karya mengenai dunia Melayu.

Beragam informasi mengenai tradisi, budaya, dan keagamaan Melayu, didapatkannya dari pamannya dari garis ayah, yang lebih dulu berkarier di Aceh.