Find Us On Social Media :

Penjelasan Secara Singkat Sejarah Berdirinya Daulah Usmaniyah

By Ade S, Jumat, 24 November 2023 | 19:03 WIB

Lukisan yang menggambarkan Kejatuhan Konstatinopel. Kekaisaran Turki Usmani merebut Konstatinopel, Ibu Kota Kekaisaran Byzantium pada 1576. Ingin tahu bagaimana daulah usmaniyah berdiri dan berkembang?Artikel ini akan menjelaskan secara singkat sejarah berdirinya daulah usmaniyah di sini.

Intisari-Online.com - Daulah usmaniyah atau kekaisaran turki ottoman adalah salah satu negara islam terbesar yang pernah ada.

Negara ini berdiri dari abad ke-13 hingga ke-20 dan menguasai wilayah yang meliputi tiga benua.

Melalui penjelasan secara singkat sejarah berdirinya daulah usmaniyah, Anda akan menemukan fakta-fakta menarik tentang asal-usul, perkembangan, dan kemunduran negara ini.

Anda juga akan mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi berdirinya daulah usmaniyah, seperti kepiawaian suku oghuz, jasa kesultanan seljuk, runtuhnya kesultanan seljuk, dan dukungan dari petinggi seljuk.

Sejarah singkat berdirinya Daulah Usmaniyah

Melansir kompas.com, Kesultanan Utsmaniyah atau Kekaisaran Turki Ottoman adalah negara Islam terbesar yang tidak berasal dari tanah Arab.

Negara ini berdiri dari suku-suku Turki yang dipimpin oleh Osman Bey atau Osman I.

Konstantinopel menjadi ibu kota dari negara ini, yang selama lebih dari 600 tahun (1299-1924 M) menguasai wilayah yang meliputi Timur Tengah, Eropa Timur, dan Afrika Utara.

Kesultanan Utsmani berasal dari keturunan suku Kabilah di Turkmenistan pada abad ke-12, yang berpindah dari Kurdistan ke Anatolia sebagai pengembara.

Pemimpin pengembara itu adalah Raja Erthugrul dan putranya, Usman I, yang berpindah untuk menghindari serangan dari Mongol di bawah Jenghis Khan.

Baca Juga: Terungkap, Ini Fakta Tersembunyi dari Hubungan Kesultanan Ottoman dan Indonesia