Find Us On Social Media :

Gempa Kuat 6,6 M Terasa di Manado 22 November 2023 Ini Lokasi dan Kedalaman Sumber Gempa

By Afif Khoirul M, Rabu, 22 November 2023 | 14:30 WIB

Gempa 6,6 M guncang Manado pada 22 November 2023.

Intisari-online.com - Gempa bumi berkekuatan 6,6 magnitudo mengguncang Manado, Sulawesi Utara, pada Rabu (22/11/2023) pukul 08.15 WIB.

Gempa ini dirasakan hingga beberapa daerah di Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut pada jarak 90 km barat laut Manado dengan kedalaman 300 km.

Gempa ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat deformasi batuan dalam lempeng Cotabato yang tersubduksi ke bawah Mindanao.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault).

Gempa ini tidak berpotensi tsunami, namun dapat menimbulkan kerusakan ringan di beberapa bangunan.

Dampak gempa ini berdasarkan laporan masyarakat terasa guncangan di wilayah Manado dengan parameter V MMI atau getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk.

Banyak orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Getaran juga terasa di Bitung, Tomohon, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow, Gorontalo, Palu, Poso, Toli-Toli, Luwuk, Ternate, Tidore, dan Kepulauan Sula dengan III-IV MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Atau pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Baca Juga: Terasa Dari Garut Hingga Ciamis, Bandung Diguncang Gempa Bumi 5,2 M Sabtu 18 November 2023 Ini Sumber Penyebabnya