Find Us On Social Media :

Sebagai Hadiah Coldplay Untuk Indonesia, Bagaimana Cara Kerja Kapal Pembersih Sampah Neon Moon II

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 18 November 2023 | 14:17 WIB

Selain memberi hiburan, band rock Inggris Coldplay juga menghadiahi Indonesia kapal pembersih sampah (Interceptor) bernama Neon Moon II.

Selain memberi hiburan, band rock Inggris Coldplay juga menghadiahi Indonesia kapal pembersih sampah (Interceptor) bernama Neon Moon II.

Intisari-Online.com - Selain memberi hiburan kepada 70 ribuan penonton yang hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Coldplay juga meninggalkan hadiah untuk Indonesia.

Band rock asal Inggris itu menghadiahkan kapal pembersih sampah (Interceptor) untuk Sungai Cisadane yang ada di Jawa Barat.

Dilansir Kompas.com pada Kamis (16/11), kapal pembersih sampah hadiah dari Coldplay itu diberi nama Neon Moon II.

Lalu seperti apa cara kerja kapal pembersih sampah hadiah Coldplay itu?

Sekadar informasi, hadiah kapal pembersih sampah Neon Moon II untuk Sungai Cisadane itu tidak terlepas dari kerja sama Coldplay dengan organisasi nonprofit The Ocean Cleanup.

Hal ini disampaikan Ocean Cleanup melalui akun Instagram resminya.

The Ocean Cleanup sendiri adalah organisasi nonlaba yang fokus mengembangkan teknologi untuk membersihkan sampah plastik di laut dan sungai.

"Coldplay kembali mendukung misi The Ocean Cleanup untuk menyelamatkan laut dari pencemaran plastik dengan menghadirkan interceptor keduanya bernama Neon Moon II. Kapal pembersih ini bakal beroperasi di sepanjang sungai Cisadane di Jakarta," tulis akun @theoceancleanup, Kamis (16/11/2023).

Masih menurut Kompas.com, Coldplay adalah salah satu band yang berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan.

Menurut situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sungai Cisadane tercemar limbah domestik, industri, peternakan, pertanian, prasarana dan jasa, serta perikanan.

Lalu, seperti apa kapal pembersih sampah yang disumbangkan Coldplay ke Sungai Cisadane tersebut?