Find Us On Social Media :

Bagaimana Bentuk dari Proses Pembangunan Berkelanjutan dalam Mengelola Sumber Daya yang Ada di Laut?

By Ade S, Jumat, 17 November 2023 | 06:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini menjelaskan bagaimana bentuk dari proses pembangunan berkelanjutan dalam mengelola sumber daya yang ada di laut.

Intisari-Online.com - Laut adalah sumber kehidupan bagi banyak makhluk karena menyediakan pangan, energi, transportasi, pariwisata, dan banyak manfaat lainnya.

Namun, laut juga menghadapi ancaman dari pencemaran, perubahan iklim, penangkapan ikan berlebihan, dan kerusakan ekosistem.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami bagaimana bentuk dari proses pembangunan berkelanjutan dalam mengelola sumber daya yang ada di laut.

Artikel ini akan membahas konsep, prinsip, dan praktik dari ekonomi laut berkelanjutan, serta tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Indonesia sebagai negara maritim.

Apa itu Ekonomi Laut Berkelanjutan?

Melansir worldbank.org, ekonomi laut berkelanjutan adalah pendekatan yang mengintegrasikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan dalam pengelolaan sumber daya laut dan pesisir.

Tujuannya adalah untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat, menjaga kesehatan dan keanekaragaman hayati laut, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berdaya saing.

Ekonomi laut berkelanjutan didasarkan pada prinsip-prinsip seperti:

- Menghargai dan melindungi ekosistem laut dan pesisir, serta jasa lingkungannya

- Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya laut dan pesisir secara efisien dan adil

- Mencegah dan mengurangi dampak negatif terhadap laut dan pesisir, serta meningkatkan ketahanan terhadap bencana dan perubahan iklim

Baca Juga: Bagaimana Perbedaan Orang-orang Indonesia yang Merantau ke Malaysia pada Masa Lalu dan Masa Kini?