Find Us On Social Media :

Ketika Jenderal Mallaby Tewas Di Tangan Arek-arek Suroboyo, Inggris Ngamuk Dan Terjadilah Pertempuran 10 November 1945

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 29 Oktober 2023 | 12:17 WIB

Tewasnya Jenderal Mallaby di tangan arek-arek Suroboyo bikin perwira-perwira Inggris geram hingga terjadilah Pertempuan 10 November 1945

Tewasnya Jenderal Mallaby di tangan arek-arek Suroboyo bikin perwira-perwira Inggris geram hingga terjadilah Pertempuan 10 November 1945

Intisari-Online.com - Salah satu momen terpenting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah tewasnya Jenderal AWS Mallaby pada 30 Oktober 1945.

Tak bisa tidak, kematian pimpinan pasukan Sekutu yang ditugaskan di Surabaya itu bikin Inggris geram.

Lalu terjadilah apa yang kelak kita kenal sebagai Pertempuran 10 November 1945.

Pasca menyerahnya Jepang kepada Sekutu dan usainya Perang Dunia II, pasukan Sekutu yang diwakili oleh militer Inggris tiba di Surabaya pada 25 Oktober 1945.

Tujuan kedatangan tentara Sekutu ke Indonesia saat itu adalah untuk melucuti tentara Jepang dan membebaskan orang-orang Eropa yang menjadi tawanan perang.

Tapi tentara Sekutu justru menyulut amarah para pemuda Surabaya karena mempersenjatai orang-orang Belanda yang ditawan Jepang.

Konflik ini pecah menjadi pertempuran yang menewaskan jenderal Inggris.

Jenderal inggris yang tewas dalam pertempuan di Surabaya bernama AWS Mallaby.

Aubertin Walter Sothern Mallaby atau juga dikenal dengan Brigadir AWS Mallaby berasal dari Brigade Infanteri India 49 Maratha.

Keluarnya ultimatum AFNEI pada tanggal 9 November 1945 bagi rakyat Surabaya disebabkan insiden di Gedung Internatio yang menewaskan AWS Mallaby.

Brigjen Mallaby tewas di Gedung Internatio