Find Us On Social Media :

7 Peninggalan Kerajaan Banjar, Termasuk Masjid Tertua di Kalimantan

By Ade S, Minggu, 29 Oktober 2023 | 17:03 WIB

Kompleks Makam Sultan Suriansyah dari Banjar. Simak 7 peninggalan Kerajaan Banjar yang masih ada hingga kini, mulai dari masjid tertua di Kalimantan hingga kitab fikih terbesar di Nusantara.

Intisari-Online.com - Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejarah panjang dan kaya.

Di sini, pernah berdiri sebuah kerajaan yang berjaya selama hampir lima abad, yaitu Kerajaan Banjar.

Ada banyak peninggalan Kerajaan Banjar yang masih dapat kita lihat dan kunjungi hingga saat ini, sebagai saksi bisu dari peradaban yang pernah menguasai wilayah ini.

Apa saja peninggalan tersebut?

Berikut adalah tujuh di antaranya, yang termasuk masjid tertua di Kalimantan, kitab fikih terbesar di Nusantara, dan makam-makam para raja Banjar.

Peninggalan Kerajaan Banjar

Beberapa peninggalan tersebut antara lain:

- Masjid Sultan Suriansyah, masjid tertua di Kalimantan Selatan yang didirikan oleh Sultan Suriansyah, raja pertama Kerajaan Banjar yang masuk Islam pada 1526.

Masjid ini terletak di Banjar Lama, situs ibu kota pertama kerajaan ini, dan memiliki arsitektur tradisional Banjar dengan atap tumpang dan konstruksi panggung.

- Kitab Sabilal Muhtadin, kitab fikih yang ditulis oleh Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari atas permintaan Sultan Tahmidullah II, yang memimpin Kerajaan Banjar pada 1761-1801.

Kitab ini merupakan salah satu karya sastra Islam terbesar di Nusantara, yang mengandung berbagai macam ilmu agama dan hukum syariah.

Baca Juga: 6 Peninggalan Kerajaan Makassar atau Gowa-Tallo, Ada Benteng Tersohor