Find Us On Social Media :

Bagaimana Pengaruh Organisasi Budi Utomo Terhadap Peristiwa Sumpah Pemuda 1928?

By Ade S, Jumat, 13 Oktober 2023 | 10:03 WIB

Sejumlah patung tokoh pelajar STOVIA saat pembentukan Organisasi Budi Utomo. Simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Organisasi Budi Utomo terhadap Peristiwa Sumpah Pemuda 1928.

Intisari-Online.com - Anda tentu sudah tidak asing dengan peristiwa Sumpah Pemuda 1928 yang menjadi salah satu tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Peristiwa ini merupakan wujud dari semangat persatuan dan kesatuan yang dijunjung tinggi oleh para pemuda dari berbagai daerah.

Namun, tahukah Anda bagaimana pengaruh Organisasi Budi Utomo terhadap Peristiwa Sumpah Pemuda 1928?

Organisasi Budi Utomo adalah organisasi yang didirikan sebelum Indonesia merdeka dan memiliki peran yang sangat penting bagi kemerdekaan Indonesia.

Organisasi yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, dan nasionalisme ini juga menjadi organisasi modern pertama dan menjadi awal dari kebangkitan nasional.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928.

Organisasi Budi Utomo

Menurut buku tematik siswa, Tema 5 kelas 5 SD yang diterbitkan oleh Kemdikbud, upaya menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia dipengaruhi oleh organisasi Budi Utomo.

Budi Utomo merupakan salah satu organisasi yang didirikan sebelum Indonesia merdeka. Organisasi ini memiliki peran yang sangat vital bagi kemerdekaan Indonesia.

Karena itu, organisasi Budi Utomo memiliki pengaruh yang sangat besar.

Baca Juga: Bagaimana Pengaruh Peristiwa Sumpah Pemuda Terhadap Kehidupan Masyarakat Saat Ini?