Find Us On Social Media :

Pusaka Sakti Majapahit, Jadi Bukti Kejayaan dan Kebesaran Kerajaan Nusantara

By Afif Khoirul M, Selasa, 26 September 2023 | 13:15 WIB

ilustrasi - Keris Pusaka warisan budaya dan sejarah Indonesia.

Intisari-online.com - Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar dan terkuat yang pernah ada di Nusantara.

Kerajaan ini berdiri pada abad ke-13 hingga ke-16 Masehi, dengan wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh wilayah Indonesia saat ini, serta sebagian wilayah Asia Tenggara.

Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389 M) dan Patih Gajah Mada (1334-1364 M), yang berhasil menyatukan berbagai kerajaan bawahan di bawah naungan Majapahit melalui sumpah Palapa.

Salah satu bukti kejayaan dan kebesaran Kerajaan Majapahit adalah adanya pusaka sakti yang dimiliki oleh para raja dan panglima perangnya.

Pusaka sakti adalah benda-benda berharga yang memiliki kekuatan gaib dan khasiat tertentu, seperti keris, tombak, pedang, cincin, mahkota, dan lain-lain.

Pusaka sakti Majapahit tidak hanya digunakan sebagai senjata atau perlengkapan dalam peperangan, tetapi juga sebagai simbol kedaulatan, kewibawaan, dan keagungan.

Beberapa pusaka sakti Majapahit yang terkenal adalah sebagai berikut:

- Keris Nogososro: Pusaka legendaris zaman Majapahit berliuk 13 dan bertahtakan emas dan berlian.

Konon, keris ini paling sakti yang ada di dataran Jawa yang dibuat pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya V (1466–1478 M).

Keris ini memiliki kemampuan untuk menolak bala, mengusir musuh, dan memberikan kemenangan kepada pemiliknya.

- Cakra Buana: Pusaka berupa cincin emas yang dikenakan oleh Prabu Hayam Wuruk sebagai lambang kedaulatan dan kekuasaannya.

Baca Juga: Kejam Sekaligus Menawan, Inilah 'Fakta Lain' Diktator Soviet Joseph Stalin yang Perintahkan Lakukan Eksperimen Manusia Setengah Kera