Find Us On Social Media :

Ini 5 Tari Tradisional Yang Bisa Kamu Praktikkan Di Sekolah Bareng Teman-teman Sekelas

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 21 September 2023 | 12:17 WIB

Salah satu tari tradisional yang bisa kamu latih bersama teman-teman di sekolah adalah tari sama dari Aceh. Sifatnya yang kolosal membuat tari ini sangat menarik.

Salah satu tari tradisional yang bisa kamu latih bersama teman-teman di sekolah adalah tari sama dari Aceh. Sifatnya yang kolosal membuat tari ini sangat menarik.

Intisari-Online.com - Sahabat, tari tradisional apa yang saat ini kamu kuasai?

Atau jangan-jangan masih bingung, kira-kira tari tradisional apa yang harus kita kuasai atau kita latih di sekolah bersama teman-teman?

Berbicara tentang tari tradisional artinya berbicara tentang lokalitas.

Apa sih tari tradisional itu?

Sebelum lebih jauh, pertama-tama kita harus tahu terlebih dahulu pengertian seni tari secara umum.

Menurut Gramedia.com, mengutip laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, seni tari didefinisikan sebagai salah satu bentuk dari kesenian yang memiliki media ungkap atau substansi gerak dengan gerakan manusia.

Sementara menurut KBBI:

Seni tari merupakan aliran dari seni tentang gerakan badan berupa tangan serta bagian tubuh lain yang memiliki irama dan biasanya diiringi oleh bunyi-bunyian berupa gamelan, musik serta alat musik lain.

Lalu apa itu tari tradisional?

Seni tari tradisional atau disebut pula sebagai tari rakyat merupakan tarian yang tumbuh di kalangan rakyat dan tumbuh menurut letak geografisnya.

Karena tumbuh sesuai dengan letak geografisnya, maka tari tradisional pun memiliki dinamika dalam gerakannya dan menciptakan gerakan khas serta unik.