Find Us On Social Media :

Peristiwa Pembantaian Rawa Gede, Ketika Tentara Belanda Menghabisi Ratusan Warga Kampung Tak Berdosa

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 6 September 2023 | 20:17 WIB

Dalam peristiwa pembantaian Rawagede, ratusan penduduk sipil di Rawagede tewas di ujung bedil serdadu Belanda pada Desember 1947.

Dalam peristiwa pembantaian Rawagede, ratusan penduduk sipil di Rawagede tewas di ujung bedil serdadu Belanda pada Desember 1947.

Intisari-Online.com - Ini adalah peristiwa di mana pemerintah Belanda harus mengeluarkan kompensasi yang tak sedikit untuk warga sebuah kampung di Karawang, Jawa Barat.

Inilah peristiwa Pembantaian Rawagede, di mana serdadu Belanda menghabisi ratusan warga Rawagede saat masa Perang Kemerdekaan.

Kampung Rawagede sendiri sekarang masuk Desa Balongsari, Karawang, Jawa Barat.

Pembantaian ini terjadi pada 9 Desember 1947.

Saat serdadu Belanda mulai menyerang Bekasi, ribuan warga mengungsi ke daerah Rawagede.

Pertempuran kemudian berkobar di kedua tempat tersebut sehingga menewaskan ratusan orang yang berasal dari kalangan sipil.

Atas peristiwa mengenaskan ini, pada 14 September 2011, pengadilan Den Haag meminta pemerintah Belanda bertanggung jawab dan membayar kompensasi kepada para korban dan keluarganya.

Setelah proklmasi 17 Agustus 1945, tentara Belanda masih terus berusaha menguasai kembali wilayah Indonesia dengan melancarkan Agresi Militer Belanda I pada 21 Juli-5 Agustus 1947.

Setelah tentara Belanda datang bersama tentara Sekutu, mereka berhasil menguasai wilayah Jawa Barat.

Akibatnya, Tentara Republik Indonesia (TRI) banyak yang memilih mundur ke pedesaan dan bergabung bersama rakyat setempat untuk membangun pertahanan menghadapi serangan Belanda.

Beberapa pasukan TRI bermarkas di Desa Rawagede dan dipimpin oleh Kapten Lukas Kustarjo.