Find Us On Social Media :

Inilah 5 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi pada 18 Agustus, Anda Mungkin Belum Tahu!

By Afif Khoirul M, Jumat, 18 Agustus 2023 | 19:15 WIB

Tahukah Anda bahwa pada tanggal ini juga terjadi banyak peristiwa bersejarah yang penting bagi bangsa Indonesia maupun dunia?

Intisari-online.com - Tanggal 18 Agustus mungkin tidak sepopuler tanggal 17 Agustus yang merupakan hari kemerdekaan Indonesia.

Namun, tahukah Anda bahwa pada tanggal ini juga terjadi banyak peristiwa bersejarah yang penting bagi bangsa Indonesia maupun dunia?

Berikut ini adalah lima peristiwa bersejarah yang terjadi pada 18 Agustus, yang mungkin Anda belum tahu!

1. Pierre Jules César Janssen menemukan helium.

Pada tahun 1868, seorang astronom Prancis bernama Pierre Jules César Janssen berhasil menemukan gas helium saat mengamati gerhana matahari di India.

Dia melihat adanya garis spektrum berwarna kuning yang tidak dikenal sebelumnya, dan menyimpulkan bahwa itu berasal dari unsur baru yang ada di atmosfer matahari.

Unsur baru itu kemudian dinamai helium, dari kata Yunani helios yang berarti matahari.

Helium adalah gas mulia yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Gas ini sering digunakan untuk mengisi balon udara, karena lebih ringan dari udara.

Gas ini juga memiliki manfaat dalam bidang medis, seperti sebagai campuran obat bius hirup atau untuk membantu penderita gangguan pernapasan.

2. Soekarno-Hatta menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

Sehari setelah proklamasi kemerdekaan, sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945 membuat beberapa keputusan penting terkait negara Indonesia.

Baca Juga: Masa Tuanya Terlunta-lunta, Wanita Keturunan Tionghoa Ini Ternyata Pejuang Kemerdekaan Indonesia