Find Us On Social Media :

Letak Geografis Kerajaan Demak, Jadi Faktor Penentu Kedigdayaannya

By Ade S, Jumat, 18 Agustus 2023 | 09:03 WIB

Masjid Agung Demak, Kampung Kauman, Bintoro, Demak, Jawa Tengah DOK. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Artikel ini membahas tentang letak geografis Kerajaan Demak yang menjadi faktor penentu kedigdayaannya di masa lalu.

Intisari-Online.com -  Kerajaan Demak adalah salah satu kerajaan Islam pertama dan terbesar di Jawa.

Kerajaan ini didirikan oleh Raden Patah pada akhir abad ke-15 dan mencapai puncak kejayaannya di bawah Sultan Trenggana.

Letak geografis Kerajaan Demak sangat menguntungkan bagi perkembangan kerajaan ini karena menjadikannya pusat perdagangan dan pelayaran rempah-rempah antara Indonesia timur dan Selat Malaka.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang letak geografis Kerajaan Demak dan dampaknya terhadap kedigdayaan kerajaan ini.

Sejarah Singkat Kerajaan Demak

Menurut sumber dari Gramedia.com, Raden Patah adalah pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Demak.

Setelah meninggalkan Majapahit, Raden Patah mendapatkan dukungan dari para bupati di sekitar Demak untuk mendirikan kerajaan baru.

Kerajaan Demak yang didirikannya berdasarkan pada nilai-nilai dan ajaran Islam sebagai aturan dan norma hidupnya.

Wilayah kekuasaan Kerajaan Demak pada zaman Raden Patah mencakup Jepara, Tuban, Sedayu, Palembang, Jambi, dan sebagian Kalimantan.

Pati Unus, putra Raden Patah, menggantikan ayahnya sebagai raja setelah Raden Patah mangkat pada tahun 1518.

Namun, Pati Unus yang juga dikenal sebagai Pangeran Sabrang Lor hanya memerintah selama tiga tahun. Ia tewas ketika menyerang Portugis di Malaka untuk kedua kalinya pada tahun 1521.

Baca Juga: Kehidupan Politik Kerajaan Demak, Salah Satunya Diplomasi Perkawinan