Find Us On Social Media :

Jelaskan Definisi Dari Masing-Masing Tingkatan Norma dan Aspek Pembeda Setiap Tingkatan Norma

By Afif Khoirul M, Rabu, 9 Agustus 2023 | 15:15 WIB

Tulis pendapat kalian mengenai definisi dari masing-masing tingkatan norma dan aspek pembeda setiap tingkatan norma.

Intisari-online.com - Dalam soal IPS kelas X memuat soal berjudul "

Jawaban:

Tingkatan norma adalah klasifikasi norma berdasarkan kekuatan mengikat dan sanksi yang diberikan kepada pelanggar.

Ada empat tingkatan norma, yaitu:

- Norma cara (usage) adalah norma yang terlihat pada perbuatan individu dalam masyarakat. Norma ini tidak memiliki kekuatan mengikat yang kuat, sehingga sanksi yang diberikan kepada pelanggar hanya berupa celaan atau teguran ringan. Contoh norma cara adalah cara berpakaian, cara membuang sampah, atau cara berbicara.

- Norma kebiasaan (folkways) adalah norma yang berupa perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam bentuk yang sama.

Norma ini memiliki kekuatan mengikat yang sedang, sehingga sanksi yang diberikan kepada pelanggar berupa teguran atau hukuman sosial.

Contoh norma kebiasaan adalah memberi hormat kepada orang yang lebih tua, mendahulukan orang yang sudah lanjut usia ketika sedang antri, atau menjaga kebersihan lingkungan.

- Norma tata kelakuan (mores) adalah norma yang berupa kebiasaan yang diterima sebagai patokan atau norma pengatur kelakuan bertindak di masyarakat.

Norma ini memiliki kekuatan mengikat yang kuat, sehingga sanksi yang diberikan kepada pelanggar berupa hukuman berat atau penjara.

Contoh norma tata kelakuan adalah larangan berzina, mencuri, membunuh, atau korupsi.