Find Us On Social Media :

Ini 3 Penyebab Hancurnya Kerajaan Majapahit, Salah Satunya Kisah Perang Paregreg

By Afif Khoirul M, Senin, 31 Juli 2023 | 14:20 WIB

Ilustrasi - Candi Jabung peninggalan Majapahit.

Intisari-online.com - Salah satu topik yang menarik untuk dibahas dalam sejarah Indonesia adalah penyebab kemunduran Majapahit.

Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar dan terkuat di Nusantara yang mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada.

Namun, setelah kematian Hayam Wuruk pada tahun 1389, kerajaan ini mulai mengalami kemunduran hingga akhirnya runtuh pada awal abad ke-16.

Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran Majapahit? Berikut ini adalah beberapa judul artikel yang bisa kamu gunakan untuk menulis tentang topik ini:

1. Perang Paregreg: Konflik Dinasti yang Menghancurkan Majapahit.

Artikel ini akan membahas tentang perang saudara yang terjadi antara Wirabhumi dan Wikramawardhana, dua putra Hayam Wuruk yang bersaing memperebutkan takhta Majapahit.

Perang ini berlangsung selama 10 tahun dan melemahkan kekuatan militer dan politik Majapahit.

2. Dinasti Ming dan Perdagangan Rempah-rempah: Ancaman dari Luar bagi Majapahit.

Artikel ini akan menjelaskan tentang pengaruh Dinasti Ming dari China yang mulai menguasai perdagangan rempah-rempah di Asia Tenggara pada abad ke-15.

Dinasti Ming mengirimkan armada besar yang dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho untuk menjalin hubungan dagang dan politik dengan kerajaan-kerajaan di Nusantara, termasuk Majapahit.

Hal ini mengurangi pendapatan dan otoritas Majapahit sebagai pusat perdagangan di kawasan.

Baca Juga: Kehidupan Politik Kerajaan Mataram Kuno, Termasuk Dipimpin 2 Dinasti