Find Us On Social Media :

Apakah yang Menjadi Perbedaan Cara Pandang para Pendiri Bangsa Mengenai Dasar Negara Indonesia?

By Ade S, Jumat, 28 Juli 2023 | 07:03 WIB

Ilustrasi Garuda Pancasila.Artikel ini membahas apakah yang menjadi perbedaan cara pandang para pendiri bangsa mengenai dasar negara Indonesia.

Intisari-Online.com - Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang lahir dari proses perjuangan dan pemikiran para pendiri bangsa.

Pancasila dicetuskan dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945.

Namun, apakah Anda tahu apakah yang menjadi perbedaan cara pandang para pendiri bangsa mengenai dasar negara Indonesia?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut dengan mengulas perbedaan rumusan dasar negara yang diajukan oleh Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno pada sidang BPUPKI tahun 1945.

Anda akan mengetahui apa saja perbedaan dari urutan, diksi, makna, jumlah, cara penyampaian, dan konsep ketuhanan dalam rumusan dasar negara ketiganya.

Tiga Tokoh Perumus Dasar Negara

Dalam sidang BPUPKI, ada tiga tokoh yang berperan penting dalam merumuskan Pancasila, yaitu Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Ketiganya memiliki latar belakang dan bidang keahlian yang berbeda-beda, namun sama-sama memiliki visi untuk membangun negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Mohammad Yamin adalah seorang tokoh yang berbakat dalam bidang sastra, sejarah, budaya, politik, dan hukum.

Ia mengusulkan tiga dasar negara yang terdiri dari lima butir tertulis dan lima butir lisan. Lima butir tertulisnya adalah:

Baca Juga: Peta Pemikiran Pendiri Bangsa tentang Dasar Negara serta Persamaan dan Perbedaan Pemikirannya