Find Us On Social Media :

Baparekraf Digital Innovation Lab 2023 Resmi Dimulai

By Ade S, Minggu, 23 Juli 2023 | 18:03 WIB

Kelas fotografi dan pengenalan NFT yang diselenggarakan Baparekraf dan Bentara Budaya

Intisari-Online.com - Perkembangan ekosistem digital telah membawa perubahan pada cara dan bentuk kreativitas dari para pelaku dan pecinta seni.

Zaman yang dulu berbasis analog dan tradisional, di mana para pembuat dan penikmat seni bertemu secara langsung melalui ruang atau kegiatan budaya offline, kini semakin beralih ke dunia online dengan berbagai macamnya.

Di samping itu, saat ini ekosistem Web3 dan blockchain juga semakin populer sebagai sebuah platform yang tidak hanya menampilkan karya-karya para seniman tapi juga revolusi dunia digital lebih jauh lagi.

Jika dalam ekosistem tradisional, pasar hanya terbentuk melalui interaksi langsung antara penjual-pembeli, maka dalam ekosistem Web3 - blockchain munculah model-model pasar digital baru yang memungkinkan siapapun dan dari mana saja untuk memiliki aset apapun, yang kita sebut sebagai NFT (Non-fungible token).

Berdasarkan semangat menyongsong perubahan zaman digital, Baparekraf - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bersama dengan Bentara Budaya mengadakan “Kelas Fotografi dan Pengenalan NFT” yang akan dibuka pada Jumat, 21 Juli 2023 pukul 16.00 WIB.

Program ini menawarkan serangkaian kelas fotografi dan pengenalan NFT yang dilaksanakan secara offline dan online, dengan mengundang para narasumber terkenal, antara lain: Arbain Rambey, Marrysa Tunjung Sari, Fauzie Helmy, Diptraya P. Ratulangi, Helman Taofani, dan Athalia Neysa.

Secara khusus Yuana Rochma Astuti, Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) menyampaikan bahwa program ini merupakan wujud komitmen Dit TKED membantu transformasi digital subsektor fotografi dengan tren teknologi terkini melalui NFT sehingga akan meningkatkan pendapatan mereka.

“Kami sangat senang, semoga program pilot ini berjalan dengan sukses dan dapat diperluas di lokasi lain,” ujarnya.

Ilham Khoiri, General Manager Bentara Budaya & Communication Management, Corporate Communication, Kompas Gramedia, menyambut baik ajakan Barekraf Digital Innovation Lab (Bedil) untuk support Pelatihan Foto dan NFT (Non Fungible Token) pada 21 Juli-12 Agustus 2023.

“Program ini mempertemukan semangat kita untuk terus mendorong literasi digital. Para peserta diharapkan dapat mengikuti semua sesi pelatihan, baik online maupun tatap muka, sampai selesai karena materi training ini menarik,” ujarnya.

“Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari inisiatif ini, dan percaya bahwa sesi-sesi edukatif ini akan bertindak sebagai katalis untuk pertumbuhan, memicu rasa keingintahuan dan memberikan inspirasi bagi para peserta untuk mengejar ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi,” ujar salah satu narasumber, Diptraya P. Ratulangi.

“Yang akan dibahas di sesi saya, informasi awal mengenai blockchain, web3, dan NFT, serta dampak kemajuan teknologi ini di industri fotografi.”