Find Us On Social Media :

Peristiwa Agresi Militer Belanda I, Serangan Serentak ke Seluruh Wilayah RI

By Afif Khoirul M, Minggu, 23 Juli 2023 | 12:30 WIB

Agresi militer belanda 1 terjadi pada tanggal 21 Juli 1947

Intisari-online.com - Agresi Militer Belanda I adalah operasi militer yang dilakukan oleh Belanda terhadap Republik Indonesia pada tanggal 21 Juli hingga 5 Agustus 1947.

Operasi ini bertujuan untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang kaya sumber daya alam dan strategis dari tangan Indonesia, yang sebelumnya telah diakui secara de facto oleh Belanda dalam Perjanjian Linggarjati.

Operasi ini dilakukan secara serentak di berbagai daerah di Jawa dan Sumatra, dengan menggunakan pasukan darat, laut, dan udara.

Beberapa daerah yang menjadi sasaran utama Belanda adalah Sumatra Timur, Sumatra Tengah, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Belanda berhasil menguasai sebagian besar wilayah tersebut dalam waktu singkat, mengingat kekuatan militer Indonesia masih lemah dan tidak terorganisir dengan baik.

Namun, operasi ini juga menimbulkan perlawanan sengit dari pihak Indonesia, baik dari tentara maupun rakyat sipil.

Beberapa pertempuran heroik terjadi di daerah-daerah seperti Tanah Bengkok, Ambarawa, Magelang, Surabaya, Malang, dan Bandung.

Indonesia juga mendapat dukungan dari negara-negara lain, terutama India dan Australia, yang mengecam tindakan agresif Belanda.

Akibat tekanan internasional dan perlawanan Indonesia, Belanda akhirnya setuju untuk menghentikan operasi militer ini dan mengadakan gencatan senjata pada tanggal 4 Agustus 1947.

Gencatan senjata ini kemudian ditetapkan secara resmi oleh Dewan Keamanan PBB pada tanggal 25 Agustus 1947.

Namun, gencatan senjata ini tidak berlangsung lama, karena Belanda kembali melancarkan Agresi Militer Belanda II pada tahun 1948.

Baca Juga: Inilah Peristiwa Tahkim yang Terjadi dalam Perang Shiffin, Salah Satu 'Civil War' Pertama Umat Islam