Find Us On Social Media :

Perang Takhta Jawa II Disebut-sebut Sebagai Perang Terbesar Mataram Islam: Amangkurat IV Vs Adik-adiknya

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 22 Juli 2023 | 12:17 WIB

Perang Takhta Jawa II disebut sebagia perang terbesar yang pernah dilakukan Mataram Islam. Lawannya adalah saudara-saudara raja (ilustrasi tidak menggambarkan kejadian)

Perang Takhta Jawa II disebut sebagia perang terbesar yang pernah dilakukan Mataram Islam. Lawannya adalah saudara-saudara raja (ilustrasi tidak menggambarkan kejadian)

Intisari-Online.com - Ada begitu banyak peperangan yang dilakukan oleh Mataram Islam.

Sialnya, banyak dari peperangan itu adalah perang melawan kerabat sendiri.

Salah satunya adalah Perang Takhta Jawa II, ini adalah perang antara raja Mataram Islam yang ingin mempertahankan takhta, melawan paman dan adik-adiknya sendiri.

Ini adalah perang antara Amangkurat IV melawan Pangeran Blitar, Pangeran Purbaya, Pangeran Arya Mataram, dan Pangeran Arya Dipanegara.

Perang Takhta Jawa II terjadi pada 1719 hingga 1723.

Untuk bisa mengatasi paman dan saudara-saudaranya itu, Amangkurat IV sampai minta bantuan VOC.

Perang ini berawal dari pengangkatan Amangkurat IV sebagai raja Mataram Islam yang tidak mendapat dukungan dari paman dan adik-adiknya.

Lebih-lebih karena sikapnya yang sangat pro-VOC.

VOC menyebut Amangkurat IV sebagai penguasa yang dimusuhi oleh hampir seluruh rakyat Tanah Jawa.

Hal itu karena setelah kendali Kerajaan Mataram Islam dipegang Amangkurat IV, rakyatnya terpecah ke dalam banyak golongan yang menentang kedudukan raja.

Konflik bermula saat Amangkrat IV menurunkan pangkat serta mengambil wilayah kekuasaan dua adiknya, yaitu Pangeran Blitar dan Pangeran Purbaya, yang dirasa terlalu besar.