Find Us On Social Media :

Inilah Patung yang Dibuat dengan Tujuan untuk Memperingati Peristiwa Bersejarah

By Ade S, Sabtu, 22 Juli 2023 | 16:03 WIB

Patung Jenderal Sudirman di Monumen Jenderal Sudirman, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Pacitan. Salah satu jenis patung yang berkaitan dengan sejarah adalah patung yang dibuat dengan tujuan untuk memperingati peristiwa bersejarah.

Intisari-Online.com - Patung adalah salah satu bentuk ekspresi seni yang dapat menggambarkan berbagai hal, seperti kepercayaan, budaya, atau peristiwa.

Patung juga dapat menjadi saksi bisu dari sejarah yang terjadi di suatu tempat.

Salah satu jenis patung yang berkaitan dengan sejarah adalah patung yang dibuat dengan tujuan untuk memperingati peristiwa bersejarah.

Beberapa contoh patung jeni ini yang terkenal di dunia adalah Patung Liberty di Amerika Serikat, Patung Kristus Penebus di Brasil, dan Patung Merlion di Singapura.

Lalu, apa sebutan untuk patung tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Patung

Patung adalah salah satu cabang seni rupa yang menciptakan karya seni tiga dimensi dengan menggunakan bahan-bahan keras.

Menurut Encyclopaedia Britannica (2015), patung dibuat dengan cara mengolah atau membentuk bahan-bahan tersebut sesuai dengan konsep seni yang diinginkan.

Elyandra Widharta dalam buku Pengetahuan Seni Rupa Indonesia (Edisi Revisi) (2018) menjelaskan bahwa patung biasanya terbuat dari bahan-bahan yang dipahat, seperti batu, kayu, atau logam.

Objek yang dipahat bisa berupa manusia, binatang, tumbuhan, atau bentuk lainnya.

Baca Juga: Di Kulon Progo Ditutupi Terpal Biru, di Tempat-tempat Lain Patung Bunda Maria Malah Menangis Darah: Misteri atau Keajaiban?