Find Us On Social Media :

Menyambut Malam 1 Suro, Ada Tujuan Khusus Kenapa Sultan Agung Menciptakan Kalender Jawa

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 18 Juli 2023 | 12:55 WIB

Sultan Agung punya tujuan khusus kenapa mencitapkan Kalender Jawa, dengan menggabungkan kalender Saka dan kalender Hijriah. Selamat Malam 1 Suro,

Sultan Agung punya tujuan khusus kenapa mencitapkan Kalender Jawa, dengan menggabungkan kalender Saka dan kalender Hijriah. Selamat Malam 1 Suro.

Intisari-Online.com - Berbicara soal Malam 1 Suro atau 1 Suro, tak bisa dilepaskan dari Kalender Jawa yang diciptakan oleh Sultan Agung.

Tak sekadar menciptakan, penguasa terbesar Mataram Islam itu ternyata punya maksud khusus menciptakan kalender yang menggabungkan kalender Saka dan kalender Hijriyah tersebut.

Selama (18/7) malam, masyarakat Jawa, terutama di sekitar Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta, akan menyambut Malama 1 Suro.

Ini adalah malam yang begitu sakral bagi mereka.

Ada beberapa ritual dan pantangan selama menyambut Malam 1 Suro.

Seperti disebut di awal, 1 Suro tak bisa dilepaskan dari Kalender Jawa yang diciptakan Sultan Agung.

Kalender Jawa diciptakan Sultan Agung pada 1633 Masehi.

Sistem penanggalan ini mencoba memadukan penanggalan Saka dari India dengan kalender Hijriah yang bersumber dari tradisi Islam.

Sebelum masa pemerintahan Sultan Agung, masyarakat Mataram Islam menggunakan kalender Saka.

Kalender Saka didasarkan pada pergerakan matahari, berbeda dengan kalender Islam atau Hijriah yang didasarkan pada pergerakan bulan.

Perbedaan itu menyebabkan perayaan-perayaan adat yang diselenggarakan oleh keraton tidak selaras dengan perayaan-perayaan hari besar Islam.