Find Us On Social Media :

17 Peninggalan Kerajaan Mataram Paling Lengkap, Ada Candi dan Prasasti

By Ade S, Selasa, 18 Juli 2023 | 09:03 WIB

Prasasti Nalanda dan Candi Prambanan. Artikel ini membahas 17 peninggalan Kerajaan Mataram yang terdiri dari prasasti dan candi yang menunjukkan sejarah dan kebudayaan kerajaan tersebut.

Intisari-Online.com - Kerajaan Mataram Kuno adalah salah satu kerajaan besar yang pernah berdiri di Pulau Jawa.

Kerajaan ini memiliki banyak peninggalan yang menjadi saksi sejarah dan kebudayaan kerajaan tersebut.

Peninggalan Kerajaan Mataram terdiri dari prasasti dan candi yang dibangun oleh dua dinasti besar, yaitu Wangsa Sanjaya yang beragama Hindu dan Wangsa Syailendra yang beragama Buddha.

Prasasti-prasasti ini memberikan informasi tentang nama raja-raja, tanggal pembangunan, alasan pembangunan, dan ajaran agama yang dianut oleh kerajaan tersebut.

Candi-candi ini memiliki arsitektur, relief, dan patung yang menunjukkan pengaruh agama Hindu dan Buddha yang berkembang di kerajaan tersebut.

Beberapa candi yang terkenal adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Plaosan, dan Candi Sambisari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 17 peninggalan Kerajaan Mataram yang terdiri dari prasasti dan candi yang menarik untuk diketahui.

5 Prasasti Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

1) Prasasti Kalasan

Prasasti ini dibuat oleh Wangsa Sanjaya pada tahun 778 Masehi untuk memperingati pembangunan Candi Kalasan di desa Kalasan, Yogyakarta. Prasasti ini menggunakan huruf Pranagari (India Utara) dan bahasa Sansekerta, yang menunjukkan pengaruh India pada kerajaan ini.

Baca Juga: Berikut 11 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang Perlu Anda Ketahui