Find Us On Social Media :

Peristiwa Ketika Prabowo Subianto Janjikan Siap Pindahkan Makam Pangeran Diponegoro, Ini Tanggapan Sultan Hamengkubuwono X

By Afif Khoirul M, Jumat, 14 Juli 2023 | 13:30 WIB

Prabowo bertemu dengan Presiden Jokowi.

Intisari-online.com - Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan rencana ambisiusnya jika terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia pada Pilpres 2024 mendatang.

Rencana tersebut adalah memindahkan makam Pangeran Diponegoro, salah satu pahlawan nasional yang berjuang melawan penjajah Belanda, dari Makassar ke Yogyakarta.

Prabowo mengungkapkan rencana tersebut saat menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di UpperHills Convention Hall, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023).

"Di sini, di kota ini, ada makam Pangeran Diponegoro. Yang dibuang dari daerah asalnya. Tak ada salahnya kita berpikir. Tentunya dengan seizin rakyat Sulawesi Selatan. Apa tidak ada baiknya, kita kembalikan makamnya Pangeran Diponegoro ke kampung halamannya. Dengan seizin rakyat Sulawesi Selatan, kita kembalikan beliau ke kampung halamannya sendiri," kata Prabowo dalam sambutannya.

Prabowo merasa bangga jika warga Sulawesi Selatan memberikan izin dan dukungan jika makam Pangeran Diponegoro dipindahkan ke tanah asalnya.

Ia mengatakan bahwa ia memiliki mimpi untuk melakukan hal tersebut.

"Saya punya satu pemikiran dengan seizin rakyat Sulawesi Selatan kita kembalikan beliau ke kampung halamannya," ujarnya.

Pangeran Diponegoro merupakan putra tertua Sultan Hamengkubuwono III, raja Kesultanan Yogyakarta.

Ia dikenal sebagai pemimpin Perang Jawa atau Perang Diponegoro yang berlangsung dari tahun 1825 hingga 1830 melawan Belanda.

Perang tersebut berakhir dengan penangkapan Pangeran Diponegoro oleh Belanda pada tanggal 28 Maret 1830 di Magelang.

Ia ditipu oleh Jenderal Hendrik Merkus de Kock yang mengundangnya untuk berunding dengan dalih menghormati statusnya sebagai pangeran.

Baca Juga: Letjen TNI Tarub, Lulusan Akmil 1965 yang Pernah Menjadi Senior Prabowo Subianto