Find Us On Social Media :

Gunung Gamping, Saksi Bisu Berdirinya Keraton Mataram Yogyakarta, Kini Tinggal Menyisakan Gundukan

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 12 Juli 2023 | 09:00 WIB

Situs Gunung Gamping yang sekarang tinggal menyisakan bongkahan merupakan saksi bisu pembangunan Keraton Mataram Yogyakarta oleh Sultan Hamengkubuwono I.

Situs Gunung Gamping yang sekarang tinggal menyisakan bongkahan merupakan saksi bisu pembangunan Keraton Mataram Yogyakarta oleh Sultan Hamengkubuwono I.

Intisari-Online.com - Jika kita jalan-jalan di Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, tak jauh dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ada gundukan batu setinggi kira-kira 10 meter.

Tapi itu bukan sembarang gundukan batu.

Konon katanya, gundukan itu dulunya adalah sebuah bukit yang besar dan memanjang, yang oleh masyarakat sekitar dikenal sebagai Gunung Gamping.

Yang membuatnya istimewa, Gunung Gamping adalah saksi bisu lahirnya Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

Sebagian tembok Keraton Yogyakarta konon diambil dari bukit tersebut.

Tak jauh dari situ Gunung Gamping itu, terdapat bekas istana kecil yang dikenal sebagai Pesanggrahan Ambarketawang, tempat tinggal sementara Hamengkubuwono I sebelum pindah ke Keraton Yogyakarta.

Cagar alam Gunung Gamping terletak di Jalan Rajimin, Tridadi, Gamping, Sleman, sekitar empat kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Tak jauh dari situ, ada Petilasan Keraton Ambarketawang.

Cagar Alam Gunung Gamping berada di bawah naungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta.

Seperti disinggung di awal, Gunung Gamping kini hanya menyisakan gundukan dan bongkahan batu berdiameter sektiar 50 meter dan tinggi 10 meter.

Sugito, penduduk setempat yang dipercaya oleh BKSDA merawat tempat ini, kepada Tribun soal keberadaan Gunung Gamping.